Penulis Utama : Laily Nailul Muna
NIM / NIP : K4419056
×

Laily Nailul Muna. K4419056. Pembimbing I: Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II: Nur Fatah Abidin, S.Pd., M.Pd. NILAI-NILAI KEJUANGAN S.K. TRIMURTI SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Januari 2024.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) peranan S.K. Trimurti pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia, dan (2) nilai-nilai kejuangan S.K. Trimurti sebagai penguatan pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah.


Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan. Sumber data dalam penelitian ini adalah tulisan-tulisan S.K. Trimurti. Sampel dalam penelitian ini berupa teks yang representatif. Pengambilan teks yang representatif dilakukan dengan cara membaca dan menemukan pokok-pokok pikiran dalam teks. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi dokumen dengan cara membaca dan mencatat pustaka. Teknik uji validitas data dalam penelitian ini menggunakan intertekstualitas dan interdiskursivitas. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Model Interaktif dari Miles & Huberman yang terdiri dari proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peranan S.K. Trimurti pada masa perjuangan kemerdekaan Indonesia dibuktikan dengan keikutsertaan S.K. Trimurti dalam berbagai organisasi pergerakan kemerdekaan, kegigihan dalam mengkritik pemerintah kolonial melalui pers, keikutsertaan dalam pertemuan pemuda untuk mempersiapkan kemerdekaan, serta memperjuangkan hak-hak kaum tertindas terutama kaum perempuan dan buruh, (2) nilai-nilai kejuangan S.K. Trimurti antara lain cinta tanah air, gotong royong, kemanusiaan, menegakkan kejujuran dan keadilan, kemandirian, tanggung jawab, berani, religius, pantang menyerah, rela berkorban, rendah hati, dan tabah yang diketahui melalui tulisannya.


Simpulan dari penelitian ini adalah peranan S.K. Trimurti pada masa perjuangan kemerdekaan dibuktikan dengan perjuangannya melalui pers dan pergerakan dalam bidang politik. Nilai-nilai kejuangan S.K. Trimurti yang memiliki kesamaan dengan lima karakter utama menurut Kemendikbud dan profil pelajar Pancasila yaitu religius, gotong royong, dan mandiri dapat diterapkan dalam pembelajaran sejarah untuk memperkuat pendidikan karakter terhadap siswa. Beberapa nilai kejuangan S.K. Trimurti yang berbeda memerlukan penyesuaian untuk diterapkan dalam pembelajaran.

×
Penulis Utama : Laily Nailul Muna
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4419056
Tahun : 2024
Judul : Nilai-Nilai Kejuangan S.K. Trimurti sebagai Penguatan Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Sejarah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : nilai-nilai kejuangan, pendidikan karakter, pembelajaran sejarah
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Musa Pelu, S.Pd., M.Pd.
2. Nur Fatah Abidin, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Hieronymus Purwanta, M.A.
2. Drs. Herimanto, M.Pd., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.