Penulis Utama : Oktafia Nur Aziiza
NIM / NIP : K4418056
×

Oktafia Nur Aziiza. PENGARUH UU NOMOR 40 TAHUN 1999 TENTANG PERS TERHADAP PERKEMBANGAN KORAN SOLOPOS TAHUN 1999-2009. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, September 2023. 

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui latar belakang perubahan undang-undang pers tahun 1999 yang berpengaruh pada perubahan koran Solopos seperti izin usaha, peliputan, konten hingga percetakan; (2) Mengetahui isi dari Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 yang terdiri dari 21 pasal dan perbedaannya dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 1982 seperti peraturan izin usaha, ketentuan pers asing; (3) Mengetahui pengaruh dari Undang-undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang pers dalam koran Solopos tahun 1999-2009.
Penelitian ini menggunakan (1) metode sejarah dengan (2) sumber data yang digunakan berupa sumber data tertulis seperti peraturan perundangan pers, koran, buku mengenai pers, jurnal dan sumber lisan dari informan. (3) Teknik pengumpulan data menggunakan studi dokumen, studi literatur dan wawancara. (4)Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data historis. 
Hasil penelitian membahas mengenai (1) Latar belakang yang berpengaruh dalam perubahan Undang-undang Pers tahun 1999 peristiwa tahun 19998 berupa kerusuhan dan penjarahan akibat krisis moneter, kebebasan pers pasca reformasi, dan beralihnya kekuasaan pemerintah orde baru ke reformasi yang turut berpengaruh dalam keberlaksanaan kegiatan koran Solopos. (2) Isi dari UU No. 40 Tahun 1999 Tentang Pers memiliki perbedaan dengan Undang-undang Nomor 21 Tahun 1982 Tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pers di antaranya penggunaan SIUPP, penggunaan undang-undang pers terhadap penerbitan surat kabar. (3) Perubahaan pers dalam koran  Solopos setelah UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers berlaku, di antarnya informasi yang disajikan dalam koran Solopos dalam waktu satu dekade pasca berlakunya undang-undang pers tahun 1999 lebih bervariasi dari informasi seputar wilayah Solo raya hingga pemberitaan nasional maupun internasional dalam rubrik-rubrik pemberitaan tertentu. Koran Solopos tidak melupakan dirinya sebagai koran lokal Solo.Tampilan koran Solopos memberikan warna bagi wajah pers di Kota Surakarta, terlebih Surakarta merupakan kota penting dalam sejarah pers nasional. Perkembangan pers pasca reformasi cukup berkembang Solopos sebagai penerbit koran terbaru pasca berhentinya banyak penerbitan surat kabar di kota Surakarta. 

×
Penulis Utama : Oktafia Nur Aziiza
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4418056
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh UU Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers Terhadap Perkembangan Koran Solopos Tahun 1999-2009
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pers, pengaruh, perkembangan, undang-undang pers, Solopos.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sariyatun, M.Pd., M.Hum.
2. Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., MA.
Penguji : 1. Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum.
2. Isawati, S.Pd., MA.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.