Penulis Utama : Nathania Janani Haryanto
NIM / NIP : K7120181
×

Nathania Janani Haryanto. K7120181. Pembimbing I: Dr. Kartika Chrysti Suryandari. M.Si. Pembimbing II: Ratna Hidayah, M.Pd. PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS LINGKUNGAN DENGAN MEDIA GAME ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEPEDULIAN LINGKUNGAN MATA PELAJARAN IPA KELAS III SD NEGERI 2 JATISARI. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret. 2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online; (2) meningkatkan kepedulian lingkungan berdasarkan pembelajaran IPA berbasis lingkungan dengan media game online; (3) menguraikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online.
Penelitian dilaksanakan menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek yang digunakan untuk penelitian terdiri dari peserta didik kelas III SDN 2 Jatisari dan guru kelas III. Data yang digunakan dalam penelitian adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui non tes dengan observasi, angket, dan wawancara. Analisis data dilakukan dalam tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil yang didapat setelah melakukan penelitian berupa penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online untuk meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut. (1) peserta didik diberikan angket awal tentang kepedulian lingkungan, (2) peserta didik diberikan informasi atau materi terkait lingkungan, (3) peserta didik disajikan masalah nyata, (4) peserta didik melakukan observasi terhadap lingkungan sekitar, (5) peserta didik membuat karya yang berhubungan dengan materi dan masalah nyata lingkungan, (6) peserta didik menyajikan hasil karya yang telah dibuat, (7) peserta didik diberikan angket akhir tentang kepedulian lingkungan dan (8) peserta didik diberikan evaluasi menggunakan media game online. Kepedulian lingkungan peserta didik berhasil ditingkatkan melalui penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online wordwall, hal ini dapat terlihat dari persentase angka hasil pengolahan data yang semakin meningkat. Pada saat mengisi angket awal tindakan didapatkan nilai sebesar 71,16? pada angket akhir tindakan peserta didik didapatkan nilai rata-rata sebesar 77,05%. Respon peserta didik terhadap penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online wordwall mencapai angka 82,59% sehingga dapat disimpulkan peserta didik menikmati pembelajaran yang berlangsung.
Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis lingkungan dengan media game online mampu meningkatkan kepedulian lingkungan peserta didik kelas III SD Negeri 2 Jatisari.

×
Penulis Utama : Nathania Janani Haryanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120181
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Pembelajaran Berbasis Lingkungan dengan Media Game Online untuk Mrningkatkan Kepedulian Lingkungan Mata Pelajaran IPA Kelas III SD Negeri 2 Jatisari
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : pembelajaran berbasis lingkungan, game online, kepedulian lingkungan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dr. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Dr. Dewi Indrapangastuti M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.