Penulis Utama : Hanidya Rahmasari
NIM / NIP : K7120114
×

Hanidya Rahmasari. K7120114. Pembimbing I: Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, S.Pd., M.Pd. PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA SISWA KELAS IV SDN KALIWATU TAHUN 2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Juni 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model PBL berbantuan multimedia, (2) meningkatkan karakter siswa melalui penerapan model PBL berbantuan multimedia, (3) meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila melalui penerapan model PBL berbantuan multimedia, (4) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model PBL berbantuan multimedia.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Kaliwatu. Data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan teknik nontes meliputi observasi dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan sumber data. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan model PBL berbantuan multimedia dilaksanakan dengan langkah-langkah yaitu: (a) orientasi masalah berbantuan multimedia; (b) pengorganisasian belajar berbantuan multimedia; (c) pembimbingan siswa dalam penyelidikan berbantuan multimedia; (d) mengembangkan dan menyajikan hasil kerja berbantuan multimedia; (e) menganalisis dan mengevaluasi berbantuan multimedia. (2) penerapan model PBL berbantuan multimedia meningkatkan karakter siswa, siklus I = 72,08%, siklus II = 84,17, dan siklus III = 91,67%. (3) penerapan model PBL berbantuan multimedia meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dengan persentase ketuntasan siswa pada siklus I = 68,75%, siklus II = 84,37%, dan siklus III = 100%. (4) kendala tersebut adalah (a) guru dan siswa kesulitan mengoperasikan quizizz dan wordwall; (b) siswa tidak bekerja sama; (c) siswa malu saat presentasi; (d) siswa belum memperhatikan petunjuk diskusi; (e) siswa belum berani mengevaluasi kualitas kelompok; (f) beberapa siswa belum aktif menjawab pertanyaan guru. Adapun solusi yang dilakukan adalah (a) guru dan siswa memahami cara mengoperasikan quizizz dan wordwall; (b) siswa lebih aktif bekerja sama; (c) guru mengarahkan siswa agar percaya diri; (d) siswa lebih fokus memperhatikan petunjuk diskusi dari guru; (e) guru melatih keberanian siswa untuk mengevaluasi kualitas kelompok; (f) guru memberikan motivasi agar siswa aktif menjawab pertanyaan guru.

Simpulan penelitian ini adalah penerapan model PBL berbantuan multimedia dapat meningkatkan karakter dan hasil belajar Pendidikan Pancasila siswa kelas IV SDN Kaliwatu tahun 2024.

×
Penulis Utama : Hanidya Rahmasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120114
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model PBL Berbantuan Multimedia untuk Meningkatkan Karakter dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Siswa Kelas IV SDN Kaliwatu Tahun 2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : PBL, multimedia, karakter, hasil belajar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd.
2. Dr. Achmad Basari Eko Wahyudi, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.