Penulis Utama : Syifa Ainun Nisa
NIM / NIP : D0320079
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan penyaluran dan perolehan barang sekunder, tingkat keterlibatan barter terhadap tingkat konsumsi pada anggota Komunitas Joli Jolan di Surakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Tindakan Sosial oleh Max Weber dan teori Motivasi oleh Abraham Maslow. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif melalui metode survey dengan jenis penelitian eksplanatori (explanatory research). Pengumpulan data menggunakan kuesioner secara online. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota Komunitas Joli Jolan di Surakarta yakni sebanyak 1.700, dengan jumlah sampel sebanyak 96 orang. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan tabulasi data dan statistik korelasi uji (uji korelasi product moment, korelasi parsial product moment dan korelasi ganda) yang dibantu dengan program bantuan program Statistical Package for the Social Science for Windows atau SPSS for Windows versi 26.0.

Berdasarkan hasil penelitian, terdapat hubungan antara variabel kemampuan penyaluran dan perolehan barang sekunder terhadap tingkat keterlibatan barter berkorelasi sebesar 0,698, variabel kemampuan penyaluran dan perolehan barang sekunder terhadap tingkat konsumsi sebesar 0,532, variabel tingkat keterlibatan barter terhadap tingkat konsumsi sebesar 0,608. Hubungan variabel kemampuan penyaluran dan perolehan barang sekunder dan tingkat konsumsi bersifat tidak murni dan melalui variabel tingkat keterlibatan barter yang didapati koefisien korelasi 0,189 atau dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kemampuan penyaluran dan perolehan berhubungan dengan tingkat konsumsi dapat terjadi jika melalui adanya tingkat keterlibatan barter. Variabel kemampuan penyaluran dan perolehan barang sekunder, tingkat keterlibatan barter dan tingkat konsumsi dalam populasi memiliki hubungan secara bersama-sama dengan koefisien korelasi sebesar 0,626. Hasil ini menunjukan bahwa penelitian ini sesuai dengan teori Tindakan Sosial oleh Max Weber dan teori Motivasi oleh Abraham Maslow.

×
Penulis Utama : Syifa Ainun Nisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0320079
Tahun : 2024
Judul : Hubungan Kemampuan Penyaluran dan Perolehan Barang Sekunder, Tingkat Keterlibatan Barter terhadap Tingkat Konsumsi pada Anggota Komunitas Joli Jolan di Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2024
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kemampuan Penyaluran dan Perolehan, Barang Sekunder, Keterlibatan Barter, Konsumsi, Anggota Komunitas
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. LV. Ratna Devi Sakuntalawati, M.Si
Penguji : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
2. Dr. Siti Zunariyah, S.Sos., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.