Penulis Utama : Widi Astuti
NIM / NIP : D0420063
×

ABSTRAK

Widi Astuti, D0420063. Analisis Global Value Chain pada Proyek EV Battery di Indonesia oleh Indonesia Battery Corporation (IBC) dan Hyundai. Program Studi Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta. 

Energi adalah hal yang awam terdengar beriringan dengan adanya gagasan Net Zero Emission 2060. Tantangan yang muncul adalah bagaimana solusi keberlangsungan energi ini bisa mencapai nol karbon berlandaskan tujuh belas Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau SDGs. Dalam penguatan energi berkelanjutan, negara-negara di dunia termasuk Indonesia berpatok juga pada Trilema Energi, dimana tiga aspek utama menjadi suatu aspek yang menjadi pertimbangan sejarah dan perencanaan hasil berupa keamanan energi, keterjangkauan energi, dan energi yang berkelanjutan sehingga mampu mencakup semua aspek sosial, ekonomi, hingga lingkungan. Lebih spesifik, strategi pembangunan proyek EV battery menjadi salah satu solusi strategis yang dibangun oleh Korea Selatan dan Indonesia melihat kemampuan masing - masing negara. Korea Selatan berkontribusi dalam investasi dan kepemilikan dan penguasaan teknologi, serta sumber daya dan dukungan strategis lainnya yang dimiliki Indonesia. Indonesia sendiri memiliki potensi sebanyak lebih dari 30% kebutuhan dunia untuk nikel. Penelitian ini akan meneliti bagaimana proses global value chain terbentuk antara perusahaan konsorsium Indonesia Battery Corporation dan Konsorsium Hyundai untuk membangun proyek EV battery di Indonesia dalam pengaruh pada kedua negara. Hal ini dilihat pada aspek bagaimana kerjasama dalam membangun EV battery dalam proses global supply chain yang dilihat dalam faktor market, modular, relational, captive, dan hierarchy pun melihat bagaimana nilai tambah atau upgrading menjadi proses GVC dari hulu ke hilir. Rangkaian rantai pasok tentunya memiliki hambatan dan tantangan yang akan dipaparkan dalam penelitian ini dalam 6 aspek utama yaitu politik, ekonomi, sosial, teknologi, legalitas, dan lingkungan. Penggunaan teori Trilema Energi dan GVC ini akan dikembangkan dalam metode kualitatif deskriptif yang merujuk pada data dari berbagai jurnal, buku, artikel, dan sumber literatur lainnya. 

×
Penulis Utama : Widi Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0420063
Tahun : 2024
Judul : Analisis Global Value Chain pada Proyek EV Battery di Indonesia oleh Indonesia Battery Corporation (IBC) dan Hyundai
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2024
Program Studi : S-1 Hubungan Internasional
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : EV Battery, Trilema Energi, Global Value Chain, Hyundai, IBC
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ferdian Ahya Al Putra, S.Sos., M.A.
Penguji : 1. Dr. Randhi Satria S.IP., M.A.
2. Bintang Indra Wibisono, S. Hub. Int, M.A.
3. Ferdian Ahya Al Putra, S.Sos., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.