Penulis Utama : Afifah Nurul Hidayah
NIM / NIP : I0120009
×

Afifah Nurul Hidayah. 2024. Optimasi Biaya dan Waktu Menggunakan Metode Time Cost Trade Off (Studi Kasus: Proyek SPAM Regional Wosusokas Segmen 4, Pipa Distribusi Utama Duwet - Mojolaban). Tugas Akhir. Program Studi S1 Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

Waktu dan biaya merupakan suatu komponen yang sangat berpengaruh terhadap keberhasilan dan kegagalan suatu proyek. Maka dari itu, pengelolaan proyek yang sistematis diperlukan agar waktu pelaksanaan proyek sesuai dengan kontrak yang ada atau bahkan dapat selesai lebih cepat. Pengelolaan proyek dalam hal ini adalah melakukan optimasi akan biaya dan waktu. Salah satu metode penelitian yang dapat digunakan untuk optimasi biaya dan waktu, yaitu Time Cost Trade Off (TCTO). Metode TCTO memiliki konsep, yaitu dengan berubahnya waktu penyelesaian proyek maka akan berubah pula biaya yang akan dikeluarkan. Adapun alternatif optimasi yang digunakan, yaitu dengan menambah jam kerja (lembur) dan menambah tenaga kerja. Dalam melakukan perhitungan optimasi, digunakan program atau software Primavera P6. Hasil perhitungan optimasi dengan menambah jam kerja (lembur) dengan beberapa variasi penambahan, menunjukkan perubahan. Setelah dilakukan optimasi dengan menambah 1 jam lembur, total biaya menjadi Rp41.432.028.951,53 dan durasi menjadi 383 hari. Optimasi dengan menambah 2 jam lembur, total biaya menjadi Rp41.491.652.776,82 dan durasi menjadi 381 hari. Optimasi dengan menambah 3 jam lembur, total biaya menjadi
Rp41.540.853.029,77 dan durasi menjadi 379 hari. Optimasi dengan menambah 4 jam lembur, total biaya menjadi Rp41.581.546.496,88 dan durasi menjadi 377 hari. Hasil perhitungan optimasi dengan menambah pekerja dengan beberapa variasi penambahan, menunjukkan perubahan. Optimasi dengan menambah 1 pekerja, total biaya menjadi Rp41.555.986.965,71 dan durasi menjadi 379 hari. Lalu,optimasi dengan menambah 2 pekerja, total biaya menjadi Rp41.536.540.460,49 dan durasi menjadi 375 hari. Alternatif optimasi yang memiliki total biaya dan durasi paling optimum atau efisien, yaitu dengan cara menambah 2 pekerja karena durasi proyek menjadi lebih cepat dan walaupun terjadi penambahan biaya, penambahannya lebih optimum atau efisien jika dibandingkan alternatif yang lain.

Kata Kunci: alternatif, biaya, optimasi, time cost trade off, waktu

×
Penulis Utama : Afifah Nurul Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0120009
Tahun : 2024
Judul : Optimasi Biaya dan Waktu Menggunakan Metode Time Cost Trade Off (Studi Kasus: Proyek SPAM Regional Wosusokas Segmen 4, Pipa Distribusi Utama Duwet – Mojolaban)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2024
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : alternatif, biaya, optimasi, time cost trade off, waktu
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://journals2.ums.ac.id/index.php/dts
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.Sc., Ph.D.
2. Setiono, S.T., M.Sc.
Penguji : 1. Dr. Ir. Koosdaryani Soeryodarundio, M.T.
2. Muji Rifai, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.