Penulis Utama : Norma Aniza Putri
NIM / NIP : C0113042
×

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana Struktur yang membangun kelima cerkak yang berjudul Dosa-dosa Kepungkur, Pak titip anak Kula Bu, Guru Saka Gang Dolly 1&2, Honor Kang Pungkasan, Patemon Ing bengi Iku 1&2 karya Suryadi WS berdasarkan fiksi dari Robert Stanton ? (2) Bagaimana problem keluarga yang diangkat dalam kelima cerkak karya Suryadi WS dan sikap budaya pengarang dalam menghadapinnya? (3) Bagaimana fungsi sosial kelima cerkak karya Suryadi WS?
Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan struktur yang membangun lima cerkak yang berjudul Dosa-dosa Kepungkur, Pak titip  anak  Kula  Bu,  Guru  Saka  Gang  Dolly  1&2,  Honor  Kang  Pungkasan, Patemon Ing bengi Iku 1 &2 karya Suryadi WS berdasarkan teori Robert Stanton (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan problem-problem keluarga dalam kelima cerkak karya Suryadi WS dan sikap budaya pengarang dalam menghadapinya,(3) Mendeskripsikan fungsi sosial kelima cerkak karya Suryadi WS.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif di bidang sastra. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kelima cerkak karya Suryadi WS dan sumber data sekunder yaitu Suryadi WS selaku informan. Data primer dalam penelitian ini adalah unsur struktural berdasarkan teori Robert Stanton yang meliputi fakta-fakta cerita (alur, karakter, latar), tema, dan sarana-sarana cerita (judul, sudut pandanga, gaya dan tone, simbolisme, ironi) , dan problem keluarga yang   diangkat   di   dalamnya.   Data   Sekundernya   hasil   wawancara   dengan pengarang. Teknik pengumpulan data menggunakan analisis struktural dan teknik wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model analisis data interaktif, yaitu reduksi data, penyajian dan teknik penarikan kesimpulan / vertifikasi.
Hasil analisis dari penelitian ini yaitu: (1) Dilihat dari unsur-unsur intrinsik dalam kelima cerkak karya Suryadi WS menunjukkan satu kesatuan yang membentuk makna kesatuan cerita; (2) dilihat dari jenis problem sosial dan sikap budaya pengarang kelima cerkak ini memiliki masalah keluarga yang ingin disampaikan pengarang kepada pembaca. (3)dilihat dari fungsi sosial, kelima cerkak ini mempunyai banyak fungsi sosial yang dapat disampaikan kepada pembaca. (4) Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi pembaca untuk digunakan sebagai referensi mengenai cerminan perilaku dalam menjalankan hidup berkeluarga.

Kata kunci :  Suryadi WS, Problem keluarga, Sosiologi Sastra

×
Penulis Utama : Norma Aniza Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0113042
Tahun : 2018
Judul : Problem Keluarga dalam Lima Cerkak Karya Suryadi WS (Suatu Tinjauan Sosiologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2018
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya-C0113042
Kata Kunci : Suryadi WS, Problem keluarga, Sosiologi Sastra
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sundari, M.Hum
2. Dr.Prasetyo Adi Wisnu Wibowo,S.S.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp tidak tersedia
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.