Penulis Utama : Hafika Nuri Mahta
NIM / NIP : K7120113
×

Hafika Nuri Mahta. K7120113. Pembimbing I: Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd. Pembimbing II: Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si. IMPLEMENTASI MODEL SCIENTIFIC READING BASED PROJECT (SRBP) PADA MATA PELAJARAN SENI RUPA UNTUK MENUMBUHKAN JIWA KEWIRAUSAHAAN SISWA KELAS 1 SD NEGERI 2 JATISARI. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta. Maret. 2024.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah implementasi model SRBP dalam meninngkatkan jiwa kewirausahaan pada mata pelajaran Seni Rupa kelas I SDN 2 Jatisari, (2) menumbuhkan jiwa kewirausahaan melalui mata pelajaran Seni Rupa dengan implementasi  model SRBP pada siswa kelas I SDN 2 Jatisar, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap implementasi model SRBP pada mata pelajaran Seni Rupa dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa kelas I SDN 2 Jatisari.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian terdiri dari guru, peserta didik kelas V SDN 2 Jatisari. Data yang digunakan yaitu data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model SRBP menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada mata pelajaran Seni Rupa kelas I SDN 2 Jatisari tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan dengan langkah-langkah: (1) mengamati gambar batik dan melakukan Tanya jawab bersama guru; (2) membaca bacaan ilmiah mengenai ecoprint; (3) membuat rancangan proyek ecoprint; (4) membuat proyek taplak dan tas ecoprint; (5) menganalisis hasil proyek ecoprint; (6) berdiskusi mengenai proyek yang telah dibuat, penerapan model SRBP dapat menumbuhkan jiwa kewirausahan siswa. Hal ini dapat terlihat dari kenaikan setiap siklus. Pada aspek percaya diri siswa mampu mengerjakan proyek dengan yakin dan optimis. Aspek fokus pada hasil dan masa depan siswa memiliki dorongan untuk mencapai keberhasilan dan tekun dalam mengerjakan proyek. Aspek kepemimpinan, adanya peningkatan kemampuan berkomunikasi dan sikap tegas pada siswa. Aspek originalitas, siswa memiliki ide kreatif dan mampu berinovasi dalam membuat proyek, respon siswa terhadap pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran SRBP pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dari antusias, motivasi, dan minat siswa ketika pembelajaran berlangsung. Pembelajaran dengan menggunakan model SRBP siswa diajak untuk membuat, merancang, dan melaksanakan sebuah proyek sehingga pembelajaran menjadi lebih menyenangkan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pertimbangan bagi guru dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan dengan menerapkan langkah-langkah model SRBP secara tepat.

×
Penulis Utama : Hafika Nuri Mahta
Penulis Tambahan : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd.
2. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
NIM / NIP : K7120113
Tahun : 2024
Judul : Implementasi Model Scientific Reading Based Project (SRBP) pada Mata Pelajaran Seni Rupa untuk Menumbuhkan Jiwa Kewirausahaan Siswa Kelas 1 SD Negeri 2 Jatisari
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Model Scientific Reading Based Project (SRBP), Seni Rupa, Jiwa Kewirausahaan
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M. Pd.
Penguji : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.