Penulis Utama : Silvia Agustina Nur Isnaini
NIM / NIP : O0220107
×

Silvia Agustina Nur Isnaini. O0220107. Kemampuan Teknik Atlet Pencak Silat Jawa Tengah Kategori Tanding Di Pemusatan Latihan Daerah Jawa Tengah (Study Evaluasi Program Latihan Teknik Tahun 2023 Dengan CIPP). Skripsi : Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Mei 2024.

            Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Tujuan dan Latar Belakang Program Latihan teknik di PELATDA Pencak Silat Jawa Tengah.; 2) Bentuk Program Latihan teknik dan Sarana Prasarana di PELATDA Pencak Silat Jawa Tengah.; 3) Pelaksanaan Program Latihan Teknik di PELATDA Pencak Silat Jawa Tengah.; 4) Hasil Program Latihan Teknik di PELATDA Pencak Silat Jawa Tengah.; 5) Kendala-kendala saat pelaksanaan program Latihan Teknik di PELATDA Pencak Silat Jawa Tengah.

            Penelitian ini  menggunakan jenis penelitian kuantitatif pendekatan deskriptif dengan teknik survey, dengan model CIPP (context, input, process, product). Subjek yang digunakan adalah pengurus, pelatih dan atlet yang ada di Pemusatan Latihan Daerah Pencak Silat Jawa Tengah. Dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data menggunakan angket. Uji prasyarat instrumen yang digunakan adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan uji statistik deskriptif

            Hasil penelitian ini menunjukan bahwa secara keseluruhan evaluasi program latihan teknik pada atlet pencak silat PELATDA Jawa Tengah Kategori Tanding tahun 2023 berjalan dengan baik walaupun terdapat kendala yang ada. Dilihat dari segi context  yaitu diperoleh dengan nilai 3,47 yaitu dikategorikan “Baik” karena koordinasi pelatih dengan pengurus sudah baik sehingga menyusun program latihan teknik berjalan dengan baik. Dari segi Input, yaitu diperoleh dengan nilai 2,92 yang dikategorikan “Kurang” karena pada evaluasi input  ini terdapat sarana prasarana dan pendanaan yang belum maksimal dikarenakan masih mengandalkan subsidi-subsidi silat dan KONI saja, tetapi ada temuan positif yaitu bentuk isi program latihan teknik dinilai “Baik” dengan nilai 3,71 karena bentuk isi program latihan teknik sudah sesuai dengan periodisasi latihan. Dari segi Process, yaitu diperoleh dengan nilai 3,52 yaitu dikategorikan “Baik”, pelaksanaan program latihan teknik yang diberikan sudah sesuai dengan periodisasi latihan dan bentuk isi program latihan teknik, pelaksanaan program latihan juga terlaksana dengan baik dan selalu diawasi oleh tim monitoring. Dari segi Product, hasil dari angket dinilai 3,38 dengan kategori “Baik”, dan dilihat dari hasil teknik pertandingan PraPON tahun sudah mencapai target yang telah ditetapkan.

            Simpulan penelitian dari segi context, process dan product sudah baik, namun dalam evaluasi input masih dikatakan kurang pada sarana prasarana dan pendanaan namun bisa dioptimalkan dan dimaksimalkan

Kata Kunci: evaluasi, program latihan teknik PELATDA , teknik PraPON

×
Penulis Utama : Silvia Agustina Nur Isnaini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0220107
Tahun : 2024
Judul : Evaluasi Kemampuan Teknik Atlet Pencak Silat Jawa Tengah Kategori Tanding Di Pemusatan Latihan Daerah Jawa Tengah (Study Evaluasi Program Latihan Teknik Tahun 2023 Dengan CIPP)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : evaluasi, program latihan teknik PELATDA , teknik PraPON
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://-
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Agustiyanta, M.Pd.
2. Dr. Haris Nugroho, S.Pd., M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Rony Syaifullah, S.Pd., M.Pd.
2. Dr. Satria Yudi Gontara, S.Pd.,M.Pd.
Catatan Umum : -
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.