Penulis Utama : Hesti Pratiwi
NIM / NIP : K4419045
×

Hesti Pratiwi. K4419045. Pembimbing I: Drs Tri Yuniyanto, M.Hum. Pembimbing II: Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum. PEMIKIRAN KEBANGSAAN TIRTO ADHI SOERJO DALAM SURAT KABAR SOENDA BERITA DAN MEDAN PRIJAJI TAHUN 1903-1910. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Januari 2024.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Kehidupan Tirto Adhi Soerjo dalam perkembangan pers di Hindia Belanda. (2) Pemikiran kebangsaan Tirto Adhi Soerjo dalam surat kabar Soenda Berita tahun 1903-1904. (3) Pemikiran kebangsaan Tirto Adhi Soerjo dalam surat kabar Medan Prijaji tahun 1909-1910.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode sejarah. Langkah-langkah yang dilakukan dengan menggunakan metode ini meliputi heuristik, kritik sumber, interpretasi, dan historiografi. Sumber yang digunakan yaitu sumber primer berupa surat kabar Soenda Berita tahun 1904 dan Medan Prijaji tahun 1909-1910 serta foto yang berhubungan dengan Tirto Adhi Soerjo beserta surat kabar miliknya, sedangkan sumber sekunder berupa surat kabar Soenda Berita tahun 1903 yang terdapat dalam buku babon karya-karya Tirto Adhi Soerjo, artikel jurnal, buku, skripsi yang relevan, serta internet. Pengumpulan data menggunakan studi dokumen dan studi pustaka. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis data historis dengan pendekatan politik.

Hasil penelitian menyatakan bahwa: (1) Kehidupan Tirto Adhi Soerjo dalam perkembangan pers di Hindia Belanda, yaitu menyampaikan pemikiran kebangsaannya dalam surat kabar miliknya yang memuat informasi bagi kemajuan pribumi, informasi organisasi pergerakan, dan perlawanan kolonialisme. Aktivitas lainnya, yakni mengelola surat kabar Pembrita Betawi, Soenda Berita, Medan Prijaji, Soeloeh Keadilan, dan Poetri Hindia. (2) Pemikiran kebangsaan Tirto Adhi Soerjo dalam surat kabar Soenda Berita berorientasi untuk memajukan golongan bumiputra dalam segi wawasan dan kehidupan sosial bumiputra, meliputi tulisan-tulisan seputar ilmu pengetahuan dan permasalahan sosial mengenai kesejahteraan bumiputra. (3) Pemikiran kebangsaan Tirto Adhi Soerjo dalam surat kabar Medan Prijaji mengarah kepada perlawanan kolonialisme untuk membangun kesadaran bumiputra dan memperhatikan kemajuan bumiputra. Tirto menyuarakan identitas sebagai bangsa yang terperentah, kemudian mendirikan organisasi untuk pribumi, dan membongkar sejumlah penyalahgunaan kekuasaan oleh pejabat hingga ia terkena hukuman pembuangan di Teluk Betung, Lampung.

×
Penulis Utama : Hesti Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4419045
Tahun : 2024
Judul : Pemikiran Kebangsaan Tirto Adhi Soerjo dalam Surat Kabar Soenda Berita dan Medan Prijaji Tahun 1903-1910
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pemikiran Kebangsaan, Tirto Adhi Soerjo, Surat Kabar
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs Tri Yuniyanto, M.Hum.
2. Dr. Sutiyah, M.Pd., M.Hum.
Penguji : 1. Isawati, S.Pd., M.A.
2. Dadan Adi Kurniawan, S.Pd., M.A.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.