Penulis Utama : Reni Oktaliana
NIM / NIP : S881802002
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui perilaku masyarakat, pengetahuan, dan kesadaran ekologis dalam membuang limbah ke Sungai Kakap di Kecamatan Sungai Kakap; 2) mengetahui hubungan pengetahuan tentang lingkungan hidup dengan perilaku pembuangan limbah masyarakat; 3) mengetahui kesadaran ekologis masyarakat dengan perilaku pembuangan limbah masyarakat ke sungai; 4) mengetahui dampak dari pembuangan limbah terhadap kualitas air, dan dampak terhadap kesehatan masyarakat yang tinggal dipinggiran sungai; 5) mengetahui peristiwa pola pasang surut Sungai Kakap; 6) mengetahui implementasikan penelitian tentang pemanfaatan dan pelestarian perairan darat dan pencemaran lingkungan dalam pembelajaran geografi SMA kelas XI pada materi lingkungan hidup.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh masyarakat Kecamatan Sungai Kakap dengan jumlah penduduk yaitu 117.783 jiwa. Sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu terdiri dari tiga desa yaitu Desa Sungai Kakap, Desa Sungai Belidak dan Desa Punggur Kecil, dengan cara Purposive sampling. Variabel penelitian yaitu variabel terikat (Y) yaitu kesadaran ekologis, variabel bebasnya (X) memiliki 2 jenis yaitu  (X₁) adalah perilaku pembuangan limbah dan  (X₂) adalah pengetahuan tentang lingkungan hidup. Analisis data kuantitatif mengukur perilaku menggunakan skala R likert. Analisis data kuantitatif dengan menggunakan cara statistik yaitu untuk mengetahui hubungan pengetahuan lingkungan dengan perilaku masyarakat dan hubungan kesadaran ekologis dengan perilaku masyarakat.
Hasil Penelitian adalah; 1) perilaku masyarakat sebanyak 42,22% membuang limbah ke sungai kategori jelek. Pengetahuan masyarakat dalam membuang limbah ke sungai kategori baik sebanyak  44,43%. Kesadaran ekologis masyarakat dalam membuang limbah ke sungai kategori baik sebanyak 52,2%; 2) hubungan pengetahuan masyarakat dengan perilaku rx= 0,368 dan p= 0,000 (p-value<0 rx=0,216 p=0,041>

Kata kunci: Perilaku masyarakat, pengetahuan lingkungan hidup, kesadaran ekologis.

 

×
Penulis Utama : Reni Oktaliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S881802002
Tahun : 2020
Judul : Analisis Perilaku Pembuangan Limbah Masyarakat ke Sungai Kakap dan Pengetahuan Tentang Lingkungan Hidup terhadap Kesadaran Ekologis di Kecamatan Sungai Kakap (Implementasi dalam Pembelajaran Geografi SMA di Kelas XII pada Materi Pencemaran Air Sungai)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Pascasarjana-S881802002
Kata Kunci : Perilaku masyarakat, pengetahuan lingkungan hidup, kesadaran ekologis.
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ahmad, M. Si.
2. Prof. Dr. Chtarina Muryani, M. Si.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.