Penulis Utama : Berlyana Febryanti
NIM / NIP : O0120034
×

ABSTRAK

Berlyana Febryanti. O0120034. SURVEI MINAT PESERTA DIDIK KELAS VIII DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DI SMP NEGERI 1 BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Skripsi. Surakarta: Fakultas Keolahragaan Universitas Sebelas Maret, April 2024.

 

Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis minat peserta didik kelas VIII SMP N 1 Boyolali dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditinjau dari jenis kelamin.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif persentase dengan teknik survei. Instrumen berupa angket. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII C dan VIII D, total keseluruhan adalah 61 peserta didik dan metode pengambilan sampel menggunakan purposive sampling.

Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: minat peserta didik laki-laki kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 1 Boyolali, dikategorikan sebagai berikut sangat tinggi 2 peserta didik (6,45%), tinggi 12 peserta didik (38,71%), sedang 10 peserta didik (32,26%), rendah 2 peserta didik (6,45%), sangat rendah 5 peserta didik (6,13%). Sedangkan minat peserta didik perempuan kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP Negeri 1 Boyolali, dikategorikan sebagai berikut sangat tinggi 2 peserta didik (6,67%), tinggi 6 peserta didik (20%), sedang 15 peserta didik (50%), rendah 2 peserta didik (6,67%), sangat rendah 5 peserta didik (16,67%).

Dari hasil analisis data diatas, dapat disimpulkan bahwa minat peserta didik laki-laki kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, berkategori tinggi, dengan 12 peserta didik (38,71%), sedangkan minat perempuan kelas VIII dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, berkategori sedang, dengan 15 peserta didik (50%). Jadi minat peserta didik laki-laki lebih tinggi dibandingkan dengan minat peserta didik perempuan dalam mengikuti pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan di SMP N 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024.

 

Kata kunci: Survei, Minat, Pembelajaran PJOK, Jenis Kelamin


×
Penulis Utama : Berlyana Febryanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : O0120034
Tahun : 2024
Judul : Survei Minat Peserta Didik Kelas VIII Dalam Mengikuti Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di SMP N 1 Boyolali Tahun Pelajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Keolahragaan - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Survei, Minat, Pembelajaran PJOK, Jenis Kelamin
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Dr. Tri Winarti Rahayu, S.Pd., M.Or
Penguji : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes.
2. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.