Penulis Utama : Anugrah Putri Juniarti
NIM / NIP : S441708008
×

Serat Kitab Kalam Qodrat (selanjutnya disingkat KKQ) merupakan manuskrip Jawa yang berwujud tembang macapat dan sarat akan nilai religius Islam. Terdapat banyak kutipan dalil Al-Qur’an maupun kitab-kitab Islam lainnya dalam naskah KKQ. Naskah tersebut mengandung nilai luhur, dan nilai religius yang bisa memberi tuntunan dan pengetahuan untuk masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) gambaran isi serat Kitab Kalam Qodrat secara singkat, (2) nilai religius Islam yang terkandung dalam serat Kitab Kalam Qodrat, (3) relevansi serat Kitab Kalam Qodrat pada pembelajaran bahasa Jawa di SMK.
Bentuk penelitian ini adalah content analysis, dengan objek kajian adalah Serat Kitab Kalam Qodrat. Sumber data utama penelitian ini adalah Naskah Kitab Kalam Qodrat koleksi museum Mpu Tantular Sidoarjo dan hasil transliterasi naskah dari skripsi yang diselesaikan oleh Sri Sulistianingsih (2016) Universitas Airlangga dengan judul Kitab Kalam Qodrat: suntingan teks dan analisis struktural. Sumber Data sekunder sebagai penunjang penelitian ini adalah kitab, buku, dan karya ilmiah yang berkaitan dengan fokus penelitian. Metode analisis data pada penelitian ini adalah dengan pendekatan pragmatik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Serat Kitab Kalam Qodrat (SKKQ) merupakan salah satu serat Jawa koleksi museum Mpu Tantular Sidoarjo, dan termasuk dalam kategori serat anonim karena tidak diketahui penulisnya (Sulistianingsih, 2016). Serat ini beraksara arab pegon, dengan konten isi berbahasa Jawa dan sedikit bahasa arab yang berasal dari kutipan ayat Al-Quran, dalil, serta kutipan dari kitab-kitab islam. SKKQ  terdiri dari 32 pupuh yang berkisah tentang hikayat Raja Arab yaitu Imam Sujana, tentang perjalanan hidup Imam Sujana dan sahabat-sahabatnya dalam menyebarkan agama Islam. Selanjutnya, (2) SKKQ berisikan tiga ajaran dasar dalam ajaran Islam yaitu; (a) Akidah: berhubungan tentang kepercayaan terhadap Tuhan, Malaikat, Kitab, Rasul/Nabi serta hari akhir. (b) Syariat: berhubungan dengan jenis dan tatacara peribadatan umat muslim (c) Akhlak menekankan pada sikap dan perilaku baik yang tersermin dalam kehidupan sehari-hari, termasuk: (i) akhlak pada Tuhan, (ii) Akhlak pada orang lain, (iii) Akhlak pada diri sendiri. (3) Hasil analisis relevansi SKKQ dengan materi pembelajaran Bahasa jawa di SMK menunjukkan bahwa SKKQ dapat digunakan sebagai alternatif materi ajar tembang macapat di mata pelajaran Bahasa Jawa di SMK pada tingkatan kelas X dan XI. Nilai-nilai religiusitas Islam di dalam SKKQ juga dapat digunakan untuk membentuk karakter peserta didik di SMK. Hal tersebut dikarenakan isi SKKQ  tidak hanya merujuk ke pembahasan seputar praktik peribadatan saja namun juga laku hidup humanis.

Kata kunci: Serat Kitab Kalam Qodrat, Nilai Religiusitas Islam, Materi Relevan Pada Pembelajaran di SMK

×
Penulis Utama : Anugrah Putri Juniarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441708008
Tahun : 2020
Judul : Nilai Religiusitas Islam dalam Serat Kitab Kalam Qodrat dan Relevansinya dengan Pengajaran Bahasa Jawa di Sekolah Menengah Kejuruan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Pascasarjana-S441708008
Kata Kunci : Serat Kitab Kalam Qodrat, Nilai Religiusitas Islam, Materi Relevan Pada Pembelajaran di SMK
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, M.Hum.
2. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.