Penulis Utama : Istiqomah Ayu Permata Sari
NIM / NIP : S991802007
×

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebutuhan media pembelajaran, menguji kelayakan media, dan menguji keefektifan media pembelajaran di SMK Negeri Sukoharjo.
Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Jenis data kuantitatif berupa data hasil belajar hasil belajar yang dicapai oleh peserta didik terhadap penggunaan media yang dikembangkan. Jenis data kualitatif berupa bentuk data validasi ahli, uji coba, dokumentasi lapangan. Hasil pendekatan kualitatif menggunakan instrumen penilaian ahli terhadap produk yang dikembangkan. Media pembelajaran Somatis, Auditori, Visual, Intelektual (SAVI) berbantuan model Project Based Learning dibuat sesuai dengan materi pelajaran pemasaran Online khususnya pada bab pemasaran Online melalui website, serta kemampuan peserta didik dan guru dalam kegiatan pembelajaran di sekolah. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa jurusan pemasaran yang belajar pemasaran online di SMK Negeri Sukoharjo jumlah siswa 140, dengan sampel purposive sampling dengan jumlah 60 peserta didik di SMK Negeri 3 dan 5 Sukoharjo.
Hasil penilaian kelayakan produk media pembelajaran SAVI berbasis website dari ahli materi dengan rata-rata sebesar 3,88 dan persentase sebesar 97% yang memenuhi kriteria baik sekali, penilaian dari ahli media dengan rata-rata sebesar 3,3 dan persentase sebesar 82% yang memenuhi kriteria baik sekali, dan penilaian dari ahli multimedia dengan rata rata sebesar 3,2 dan persentase sebesar 81,2% yang memenuhi kriteria baik penilaian praktisi yaitu dengan rata-rata sebesar 3,7 dan presentase sebesar 92,5%. Persentase pencapaian dari ahli materi, ahli media,ahli multimedia dan praktisi menunjukkan besaran angka lebih dari
60%, sehingga dapat dinyatakan bahwa Media pembelajaran SAVI berbasis website layak digunakan.
Tahap  pengujian  media  menunjukkan  bahwa  media  pembelajaran  SAVI  berbasis website dibutuhkan pada SMK Negeri Sukoharjo, media SAVI berbasis website ini efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil ditunjukkan melalui hasil uji t yang menjelaskan bahwa kelas eksperimen memiliki rata-rata post-test yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Hasil pengujian yang dilakukan di kelas XI PM SMK Negeri 3 dan 5 Sukoharjo, diketahui bahwa berdasarkan nilai pre-test yang diberikan, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 68,7, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata- rata sebesar 66,4. Hal ini menunjukkan nilai rata-rata pre-test kelas eksperimen lebih besar dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan nilai pre-test dan post-test yang dilakukan di kelas eksperimen dan kelas kontrol terjadi peningkatan nilai rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen sebesar 13,9 sedangkan peningkatan nilai rata-rata hasil belajar di kelas kontrol sebesar 8,7, sehingga dapat dikatakan bahwa peningkatan hasil belajar di kelas eksperimen lebih besar dibandingkan di kelas kontrol.

Kata Kunci : Belajar, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pendekatan SAVI

×
Penulis Utama : Istiqomah Ayu Permata Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S991802007
Tahun : 2020
Judul : Pengembangan Media Berbasis Website dengan Pendekatan Savi pada Pembelajaran Pemasaran Online untuk Meningkatkan Hasil Belajar di SMK Negeri Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Pascasarjana - 2020
Program Studi : S-2 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber : UNS-Sekolah Pascasarjana-S991802007
Kata Kunci : Belajar, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Pendekatan SAVI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, M.M.
2. Dr. Hery Sawiji, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.