Penulis Utama : Ibnata Bikry Mulia
NIM / NIP : K6417030
×

Ibnata Bikry Mulia. K6417030. Pembimbing I: Erna Yuliandari S.H., M.A. Pembimbing II: Dr. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H. CIVIC ENGAGEMENT PENYANDANG DISABILITAS DALAM MEMPERJUANGKAN HAK ATAS PEKERJAAN (STUDI PADA INDUK DISABILITAS PURWOREJO). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Januari 2024.


Penelitian ini bertujuan untuk menganalis: 1) civic engagement penyandang disabilitas melalui Induk Disabilitas Purworejo dalam memperjuangkan hak atas pekerjaan; 2) faktor pendukung dan faktor penghambat civic engagement penyandang disabilitas melalui Induk Disabilitas Purworejo untuk memperjuangkan hak atas pekerjaan. Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian melalui observasi pada lokasi penelitian, wawancara dengan informan, maupun studi dokumen. Uji validitas data dengan teknik triangulasi sumber yang dilakukan untuk memperoleh data dari berbagai sumber yang berbeda dengan teknik yang sama yaitu wawancara mendalam yang kemudian dianalisis menggunakan model interaktif dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) civic engagement penyandang disabilitas melalui Induk Disabilitas Purworejo dalam memperjuangkan hak atas pekerjaan diwujudkan melalui program kerjanya seperti advokasi mengenai jaminan hak atas pekerjaan bagi penyandang disabilitas, bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Transmigrasi, dan Tenaga Kerja (DINPERINAKERTRAN) melalui Unit Layanan Disabilitas (ULD) dan membuka pelatihan kecil di pertemuan rutin Induk Disabilitas Purworejo. Program kerja tersebut merupakan bentuk pemecahan masalah (community problem solving) yang perlu melibatkan kontribusi pihak lain seperti pemerintah (indicator of political voice). 2) Adapun faktor pendukung dan penghambat yang mempengaruhi keberhasilan civic engagement yakni faktor pendukung keberhasilan civic engagement karena didasari oleh motivasi dan rasa tanggung jawab serta keterampilanya yang tinggi yang didukung adanya peran keluarga, pendamping Induk Disabilitas Purworejo, alat bantu kursi roda, serta rasa kepedulian yang tinggi. Sedangkan faktor penghambat dari civic engagement penyandang disabilitas fisik melalui Induk Disabilitas Purworejo karena adanya faktor eksternal yakni kurangnya perhatian Bupati Kabupaten Purworejo mengenai Peraturan Bupati terhadap Peraturan Daerah Kabupaten Purworejo Nomor 8 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak-Hak Penyandang Disabilitas serta lokasi pelaksanaan kegiatan Sarasehan Peringatan Hari Disabilitas Internasional yang kurang aksesesibilitas.

×
Penulis Utama : Ibnata Bikry Mulia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6417030
Tahun : 2024
Judul : Civic Engagement Penyandang Disabilitas dalam Memperjuangkan Hak Atas Pekerjaan (Studi pada Induk Disabilitas Purworejo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : civic engagement, pekerjaan, penyandang disabilitas, pemenuhan hak.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.47200/aoej.v15i1.2334
Status : Public
Pembimbing : 1. Erna Yuliandari, S.H., M.A.
2. Dr. Rima Vien Permata Hartanto, S.H., M.H.
Penguji : 1. Dr. Triana Rejekiningsih, S.H., K.N., M.Pd.
2. Anis Suryaningsih, S.Pd., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.