Penulis Utama : Atikah Muthmainnah
NIM / NIP : B0220007
×

Masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kegiatan produksi sastra populer penerbit Gradien Mediatama pada tahun 2020-2022?, (2) Bagaimana kegiatan distribusi sastra populer penerbit Gradien Mediatama pada tahun 2020-2022?, (3) Bagaimana estetika sastra populer yang diterbitkan penerbit Gradien Mediatama pada tahun 2020-2022?, dan (4) Apa karakteristik penerbit Gradien Mediatama pada tahun 2020-2022?

Tujuan penelitian ini terdiri atas empat hal yaitu: (1) Mendeskripsikan kegiatan produksi sastra populer di penerbit Gradien Mediatama pada tahun 2020-2022, (2) Mendeskripsikan kegiatan distribusi sastra populer di penerbit Gradien Mediatama pada tahun 2020-2022, (3) Menjelaskan estetika sastra populer yang penerbit Gradien Mediatama hasilkan pada tahun 2020-2022, (4) Mengetahui karakteristik penerbit Gradien Mediatama pada tahun 2020-2022

Data primer penelitian ini berupa hasil wawancara, hasil observasi, dan hasil studi dokumen. Lalu, data sekundernya adalah informasi sosiologi sastra Robert Escarpit, informasi kajian terdahulu yang sesuai topik, dan berbagai informasi dari referensi setopik. Sumber data primer berasal dari narasumber, platform daring penerbit Gradien Mediatama, dan studi dokumen. Sementara itu, data sekunder bersumber dari kajian terdahulu terkait produksi dan distribusi penerbit, buku Sosiologi Sastra Robert Escarpit, dan referensi yang relevan dengan topik.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan tiga cara, yaitu wawancara dengan pimpinan redaksi penerbit Gradien Mediatama, observasi platform digital penerbit Gradien Mediatama, dan mempelajari dokumen dari penerbit Gradien Mediatama. Data kemudian diinterpretasi menggunakan teori sosiologi sastra Robert Escarpit.

Melalui penelitian ini, kesimpulan yang dapat diambil adalah: (1) Kegiatan produksi dan distribusi penerbit Gradien Mediatama berpusat penuh ke pembaca pada tahun 2020-2022 sehingga mengalami beberapa perubahan dari tahun sebelumnya, (2) Kegiatan produksi tidak hanya fokus pada naskah, tetapi juga pengarang, (3) Kegiatan distribusi kebanyakan berlangsung secara daring karena pandemi covid-19 pada tahun 2020-2022, (4) Penerbit Gradien Mediatama hanya memproduksi genre roman percintaan untuk sastra populer pada tahun 2020-2022, dan (4) penerbit Gradien Mediatama memiliki dua karakteristik dari penerbit lain yang memiliki target pembaca sejenis.

×
Penulis Utama : Atikah Muthmainnah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0220007
Tahun : 2024
Judul : Produksi dan Distribusi Sastra Populer dalam Penerbit Gradien Mediatama Tahun 2020-2022: Kajian Sosiologi Sastra
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : produksi; distribusi; penerbit
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rianna Wati, S.S., MA
Penguji : 1. Dr. Dwi Susanto, M.Hum.
2. Drs. Albertus Prasojo, M.Sn
3. Rianna Wati, S.S., MA
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.