Penulis Utama : Intan Dian Pramesti
NIM / NIP : B0420032
×

Desa Seboto menjadi salah satu sentra unggul peternakan sapi yang berada di Kecamatan Ampel, Kabupaten Boyolali. Pada awalnya peternak sapi Desa Seboto menjalankan usaha sektor sapi perah sejak tahun 1980, uniknya peternak sapi Desa Seboto mulai beralih menjadi sektor sapi potong setelah terjadinya Krisis Ekonomi tahun 1998. Berdasarkan latar belakang penelitian tersebut, terdapat beberapa permasalahan yaitu, (1) bagaimana kondisi peternak sapi perah Desa Seboto sebelum beralih menjadi peternak sapi potong pada tahun 1980-1998? (2) faktor-faktor apa saja yang menyebabkan peternak sapi perah di Desa Seboto beralih menjadi peternak sapi potong tahun 2000-2010? (3) bagaimana perubahan sosial dan ekonomi dari peralihan usaha peternak sapi potong Desa Seboto tahun 2000-2010? 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian historis yang terdiri dari empat tahap yaitu, heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (analisis sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Penelitian ini menggunakan sumber sezaman yang utama berupa arsip Instruksi Presiden tentang peningkatan industri susu dalam negeri, arsip Keputusan Menteri Pertanian tentang pedoman budidaya sapi potong, laporan kegiatan dari Kantor Kelurahan Desa Seboto, surat kabar mengenai keadaan perekonomian dan pemanfaatan lahan pertanian sebagai pakan hijauan, dokumentasi dari Dinas Peternakan dan Perikanan, serta wawancara dengan peternak sapi Desa Seboto.  

Hasil penelitian ini memaparkan bahwa usaha peternakan sapi perah Desa Seboto mulai berkembang dari tahun 1980-1998. Perubahan usaha dari peternak sapi perah menjadi peternak sapi potong terjadi tahun 2000, disebabkan karena peternak sapi perah Desa Seboto mengalami kesulitan pasca Krisis Ekonomi tahun 1998. Selanjutnya tahun 2000-2010, peternak sapi potong mengalami tahap penyesuaian dalam mengembangkan usaha peternakan sapi potong. Tahun 2000-2010 peternak sapi potong Desa Seboto telah menimbulkan perubahan sosial dan ekonomi yang menjadikan kehidupan peternak sapi potong Desa Seboto lebih sejahtera.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pertama, peternak sapi perah Desa Seboto telah merintis dan mengembangkan usaha peternakannya pada tahun 1980-1998. Faktor penyebab beralihnya peternak sapi perah menjadi peternak sapi potong Desa Seboto disebabkan oleh kesulitan perekonomian yang dialami oleh peternak sapi perah Desa Seboto pasca Krisis Ekonomi tahun 1998. Peternak sapi potong Desa Seboto mengalami tahap penyesuaian atau penataan dalam mengembangkan usaha peternakan sapi potong pada tahun 2000-2010. Perubahan usaha peternak sapi potong Desa Seboto pada tahun 2000-2010 menimbulkan sosial dan ekonomi yang telah memperbaiki kesulitan perekonomian peternak sapi Desa Seboto.

×
Penulis Utama : Intan Dian Pramesti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0420032
Tahun : 2024
Judul : Dinamika Peternak Sapi Potong Desa Seboto Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali Tahun 1980-2010
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Peternakan, Sapi Perah, Sapi Potong, Desa Seboto
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. M. Bagus Sekar Alam, M. Si.
2. Insiwi Febriary Setiasih, S.S, M. A.
Penguji : 1. Dr. Asti Kurniawati, M. Hum.
2. Dr. Hayu Adi Darmarastri, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.