Penulis Utama : Nawang Setiasih
NIM / NIP : K7120183
×

ABSTRAK

Nawang Setiasih. K7120183. Pembimbing I: Dr. Suhartono, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Ratna Hidayah, M.Pd. PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TENTANG DATA PADA SISWA KELAS VB SD NEGERI JEMUR. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Jemur , Kecamatan , Kabupaten Kebumen pada bulan Maret dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah model Project Based Learning (PjBL); (2) meningkatkan aktivitas belajar Matematika tentang Data; (3) meningkatkan hasil belajar Matematika tentang Data; (4) mendeskripsikan kendala dan solusi dalam penerapan model PjBL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas V B SD Negeri Jemur. Data yang digunakan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan tes. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) penerapan model pembelajaran PjBL diterapkan dengan enam langkah yaitu: (a) menentukan pertanyaan dasar yang berkaitan dengan proyek; (b) merencanakan proyek; (c) menyusun jadwal; (d) memantau pengerjaan proyek; (e) penilaian proyek; (f) evaluasi proses dan hasil proyek; (2) penerapan model PjBL meningkatkan aktivitas belajar Matematika tentang Data dengan persentase rata-rata observasi aktivitas pada siklus I = 73,89% dan siklus II = 87,22%; (3) penerapan model PjBL meningkatkan hasil belajar Matematika tentang Data dengan persentase ketuntasan hasil belajar siklus I = 70,84% dan siklus II = 87,5%; (4) kendala yang ditemukan yaitu: (a) konsentrasi siswa masih mudah teralihkan; (b) siswa belum seluruhnya aktif dalam pembelajaran; (c) siswa belum sepenuhnya terlibat dalam diskusi; (d) siswa belum seluruhnya menulis materi. Solusi yang diterapkan yaitu: (a) guru menyiapkan ice breaking dan selalu mengingatkan siswa untuk memperhatikan; (b) guru memberikan pertanyaan pada siswa yang belum mendapat kesempatan menjawab; (c) guru membimbing siswa yang belum terlibat dalam kelompok; (d) guru selalu mengecek buku siswa saat menulis materi.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa model PjBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika tentang Data pada siswa kelas V B SD Negeri Jemur tahun ajaran 2023/2024. Penerapan model PjBL dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan, aktif, dan memberikan pengalaman belajar Matematika yang bermakna bagi siswa sehingga dapat dijadikan referensi dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika siswa.


×
Penulis Utama : Nawang Setiasih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120183
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Project Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika tentang Data pada Siswa Kelas V B SD Negeri Jemur
Edisi :
Imprint : Kebumen - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : PjBL, aktivitas belajar, hasil belajar Matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Suhartono, M.Pd.
2. Dr. Ratna Hidayah, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti S., M.Si.
2. Dr. Dewi Indrapangastuti, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.