Penulis Utama : Anis Hidayah
NIM / NIP : K7120034
×

Anis Hidayah. K7120034. Pembimbing 1: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd. Pembimbing II: Drs. Wahyudi, M.Pd. PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DENGAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN LUAS PADA KELAS IV SDN 1 KEDAWUNG TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Tujuan Penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan media konkret, (2) meningkatkan pembelajaran matematika materi pengukuran luas melalui penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan media konkret, dan (3) mendeskripsikan kendala dan  solusi penerapan pendekatan pembelajaran  berdiferensiasi dengan media konkret.

Penelitian tindakan kelas kolaboratif ini dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 1 Kedawung. Data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian, data, dan penarikan kesimpulan.  

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan media konkret diawali dengan tes diagnostik awal untuk memetakan siswa berdasarkan gaya belajar. Kemudian melakukan diferensiasi konten dengan media konkret, diferensiasi proses dengan media konkret, diferensiasi produk dengan media konkret dan kegiatan refleksi dan evaluasi. Kedua, penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan media konkret untuk meningkatkan pembelajaran matematika yang dapat dilihat melalui ketuntasan hasil belajar pada siklus I sebesar 82,61% kategori baik, siklus II sebesar 89,13% kategori baik, dan siklus III sebesar 97,83% kategori sangat baik. Ketiga, kendala yang dihadapi yaitu: (a) siswa kurang aktif dalam diskusi kelompok, (2) belum meratanya agenda individual, (b) waktu yang terbatas dengan kegiatan yang banyak, (c) bahan ajar siswa yang belum sesuai dengan kebutuhan siswa, (d) siswa masih bermain sendiri, dan (e) pengelolaan kelas yang kurang kondusif. Adapun solusi dari kendala yang muncul yaitu: (a) guru membantu siswa dalam membagi tugas dalam diskusi kelompok, (2) guru lebih banyak menyiapkan agenda individual di dalam kelas, (3) guru lebih menyiapkan pembelajaran agar waktu yang digunakan efektif, (4) guru menyiapkan bahan ajar berdasarkan kebutuhan siswa, (5) guru melibatkan siswa dalam pembelajaran seperti memberikan pertanyaan tantangan, dan (6) guru lebih tegas dalam menegakkan peraturan kelas. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi dengan media konkret dapat meningkatkan pembelajaran matematika materi pengukuran luas pada siswa kelas IV SDN 1 Kedawung tahun ajaran 2023/2024.


×
Penulis Utama : Anis Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120034
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Materi Pengukuran Luas pada Siswa Kelas IV SDN 1 Kedawung Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi, Media Konkret, Pembelajaran Matematika
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.
2. Drs. Wahyudi, M.Pd.
Penguji : 1. Dr. Kartika Chrysti Suryandari, M.Si.
2. Dr. Muhamad Chamdani, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.