Penulis Utama : Bagas Riyadi
NIM / NIP : K7120056
×
Bagas Riyadi. K7120056. Pembimbing I: Drs. Muhammad Chamdani, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Rokhmaniyah, M.Pd.. PENERAPAN MODEL TIME TOKEN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT PADA PEMBELAJARAN IPAS MATERI ORGAN PERNAPASAN KELAS V SDN 3 KLAPASAWIT TAHUN AJARAN 2023/2024. Skripsi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Sebelas Maret, Juni 2024.

Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan aktivitas guru dengan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik kelas V SDN 3 Klapasawit. (2) Menganalisis kemampuan mengemukakan pendapat peserta didik kelas V SDN 3 Klapasawit dengan menggunakan model pembelajaran Time Token.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif yang dilaksanakan selama tiga siklus. Setiap pelaksanaan siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 11 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, analisis dokumen, dan tes. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran Time Token untuk meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat pada pembelajaran IPAS materi organ pernapasan kelas V SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan dengan langkah-langkah: (1) Kegiatan Pembuka, (2) Penugasan Kelompok, (3) Diskusi dan penyelesaian tugas, (4) Pendistribusian Kupon Bicara, (5) Penggunaan Kupon Bicara, (6) Refleksi Pembelajaran. Hasil penerapan model pembelajaran Time Token terhadap guru pada siklus I yaitu 79%, siklus II sebesar 85%, dan siklus III sebesar 91%. Hasil observasi penerapan model Time Token terhadap peserta didik siklus I yaitu 77%, siklus II sebesar 82%, dan siklus III sebesar 87%. (2) Peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat diperoleh dari hasil observasi peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat dan hasil evaluasi. Rata-rata persentase hasil observasi peningkatan kemampuan mengemukakan pendapat  pada siklus I sebesar 75,5%, siklus II dengan persentase 83,5%, dan siklus III dengan persentase 85%. Sedangkan untuk rata-rata persentase hasil evaluasi pada siklus I sebesar 76,3%, siklus II dengan persentase 81,1%, dan siklus III dengan persentase 88,1%

Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model Time Token dapat meningkatkan kemampuan mengemukakan pendapat dalam pembelajaran IPAS pada peserta didik kelas V SD Negeri 3 Klapasawit tahun ajaran 2023/2024.
×
Penulis Utama : Bagas Riyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7120056
Tahun : 2024
Judul : Penerapan Model Time Token Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Pada Pembelajaran Ipas Materi Organ Pernapasan Kelas V Sdn 3 Klapasawit Tahun Ajaran 2023/2024
Edisi :
Imprint : Kebumen - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Time Token, Kemampuan berpendapat, IPAS
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muhamad Chamdani, M.Pd
2. Dr. Rokhmaniyah, M.Pd
Penguji : 1. Dr. Wahyudi, M.Pd
2. Dr. Moh Salimi, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.