Penulis Utama : Muhammad Luqman Fikri
NIM / NIP : G0020156
×

Pendahuluan: Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi salah satu masalah Kesehatan dengan adanya jumlah kasus, kematian,dan komorbid di berbagai banyak negara, terutama di daerah tropis dan subtropis. Jumlah prevalensi DBD diperkirakan dengan jumlah 3,9 milyar orang di 128 negara dengan berisiko terkena terinfeksi virus dengue (WHO, 2015). Situasi rata-rata kasus DBD di Indonesia pada tahun 2017-2022 ditemukan sebanyak 121.191 kassus setiap tahunnya. Kasus mortalitas DBD rata rata pada tahun 2017-2022 sebesar 98 kasus dan angka morbiditas DBD rata rata pada tahun 2017-2022 sebesar 41,3 % (Indonesia, Kementerian Kesehatan Republik, 2021). Peneliti ini memiliki tujuan adalah untuk mengetahui adakah hubungan antara High Fluorescent Luymphocyte Count dengan Trombositopenia Penyakit Demam Berdarah Dengue. Penelitian dilaksanakan di Rumah Sakit UNS Surakarta, Jawa Tengah. Data dapat di ambil data rekam medis dan menggunakan uji spearman.

Metode : Peneliti ini dilakukan setelah adanya persetujuan dari Ethical Clearance di Komite Etik penelitian Kesehatan (KEPK) Fakultas Kedokteran UNS dengan NO:229/UN27.06.11/KEP/EC/2023. Penelitian ini menggunakan metode analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian yaitu semua pasien Dengue. jumlah sampel yang akan digunakan adalah 75 sampai 150 sampel. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software SPSS versi 25. Data kadar HFLC darah dan trombosit penyakit DBD dianalisis secara bivariate untuk mengetahui adanya korelasi kadar HFLC darah dan trombosit pasien DBD RS UNS.

Hasil :Hubungan antara High Fluorescent Lymphocyte Count dengan trombositopenia penyakit demam berdarah signifikansi sebesar 0,000 kurang dari alpha (∝=0,05) yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara variable High Fluorescent Lymphocyte Count dengan Trombositopenia Penyakit Demam Berdarah Dengue. Angka koefisien korelasi sebesar -0,935 yang berarti korelasi antara variabel High Fluorescent Lymphocyte Count dengan Trombositopenia Penyakit Demam Berdarah Dengue adalah sebesar -0,935 atau sangat kuat berkebalikan. Koefisien korelasi yang bernilai negatif berarti hubungan variabel tersebut berlawanan arah, dengan demikian dapat diartikan bahwa semakin tinggi High Fluorescent Lymphocyte Count semakin rendah trombosit Penyakit Demam Berdarah Dengue. Maka dari itu perlu dilakukan analisis selanjutnya yaitu analisis regresi linear.

Simpulan : Pada seluruh variabel, nilai signifikansi pada Hubungan antara High Fluorescent Lymphocyte Count dengan trombositopenia penyakit demam berdarah memiliki nilai nilai signifikansi < 0>

×
Penulis Utama : Muhammad Luqman Fikri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0020156
Tahun : 2024
Judul : Hubungan antara High Fluorescent Lymphocyte Count dengan Trombositopenia Penyakit Demam Berdarah Dengue
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : High Fluorescent Lymphocyte Count, Trombositopenia, Demam Berdarah Dengu
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. dr. Nurhasan Agung Prabowo, SpPD, MKes, FINASIM
2. dr. Dyonisa Nasirochmi Pakha, M.Sc
Penguji : 1. dr. Desy Puspa Putri, SpPD
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.