Penulis Utama : Perdana Ajeng Kusumastuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Evaluasi sistem pengendalian intern terhadap prosedur pengeluaran kas pada Perum Pegadaian Kanwil Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3302529-2005
Subyek : MANAJEMEN KEUANGAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Perum Pegadaian sebagaimana yang dimaksud dalam pasal 2 PP. No.103 Tahun 2000 adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang jasa di bawah naungan Departemen Keuangan yang diberi tugas dan wewenang pada kegiatan usaha yang memfasilitasi pinjaman uang sesuai Pedoman Pinjaman Gadai. Berkaitan dengan perkembangan Perum Pegadaian, sistem pengendalian intern dirancang dalam suatu perusahaan dengan tujuan menjaga kekayaan perusahaan, mengecek ketelitian dan keandalan catatan akuntansi, serta mendorong dipatuhinya kebijakan manajemen yang diterapkan dalam perusahaan. Dengan adanya sistem pengendalian intern dalam perusahaan sangat diharapkan dapat menekan terjadinya kesalahan dan kecurangan dalam batas yang wajar, dalam arti lain jika terjadi kesalahan dan kecurangan dapat segera diketahui dan diantisipasi.

Jenis kekayaan perusahaan yang mudah diselewengkan dan digunakan secara tidak bertanggungjawab adalah kas, karena kas merupakan kekayaan/aktiva perusahaan yang mudah untuk dipindahalihkan, maka dibuatlah suatu prosedur yang merupakan proses atau gambaran umum terhadap aktivitas yang terjadi dalam suatu organisasi/perusahaan, yang merupakan satu kesatuan dalam pelaksanaan sistem, baik sistem informasi akuntansi maupun sistem pengendalian internnya. Dengan adanya sistem dan prosedur yang sesuai serta pengendalian intern yang cukup, maka akan terciptanya suatu komunitas yang baik, efektif dan efisien.

Berdasarkan uraian yang tertulis dari bab-bab sebelumnya, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa sistem pengendalian intern terhadap prosedur pengeluaran kas pada Perum Pegadaian Kanwil Surakarta dinilai cukup baik. Hal ini dibuktikan pada sistem akuntansi pada prosedur pengeluaran kas yang sudah sesuai, mulai dari dokumen-dokumen yang dibutuhkan, fungsi yang terkait, catatan akuntansi yang digunakan dan unsur pengendalian internnya.

Sedangkan pada sistem pengendalian internnya, sudah terlihat jelas adanya struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas. Sistem otorisasi dan wewenang pada prosedur pencatatan pengeluaran kas pun memadai, sehingga dapat ditemukan keakuratan data akuntansinya. Sistem yang sudah berjalan ini tidak lepas dari Sumber Daya Manusianya yang cakap. SDM yang telah sesuai dengan keahliannya dapat memberikan kontribusi praktek yang sehat terhadap perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Nurmadi Harsa Sumarta, SE, MSi, Ak.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis