Penulis Utama : Fika Heningtyas
NIM / NIP : K7520032
×

ABSTRAK

Fika Heningtyas. K7520032. Pembimbing: Dr. Susantiningrum, S.Pd., S.E.,M.A.B. PENGARUH HASIL BELAJAR DAN PERSONALITAS TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MEMILIH KARIR SEBAGAI PRAKTISI PERKANTORAN DI PAP FKIP UNS. Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.

Learning outcome program studi PAP adalah memberikan bekal lulusan dengan memiliki kompetensi untuk berkarir di bidang pendidikan, wirausaha, dan administrasi. Sebanyak 72% mahasiswa PAP FKIP UNS angkatan 2020 lebih tertarik untuk memilih karir sebagai praktisi perkantoran daripada menjadi tenaga pendidik ataupun wirausaha sebagai pilihan karir pertama mereka setalah lulus. Penelitian terkait minat untuk memilih karir sebagai praktisi perkantoran masih terbilang sedikit maka dari itu diperlukan penelitian lebih lanjut. Penelitian ini membuktikan teori Krumboltz: Social Learning Theory dan teori J. Holland: Career Decision Making. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya: 1) Pengaruh hasil belajar terhadap minat mahasiswa PAP FKIP UNS untuk memilih karir sebagai praktisi perkantoran; 2) Pengaruh personalitas terhadap minat mahasiswa PAP FKIP UNS untuk memilih karir sebagai praktisi perkantoran. 3) Pengaruh hasil belajar dan personalitas secara Bersama-sama terhadap minat mahasiswa PAP FKIP UNS untuk memilih karir sebagai praktisi perkantoran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi pada penelitian ini sebanyak 76 mahasiswa PAP FKIP UNS angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Pengumpulan data menggunakan angket kuesioner menggunakan bantua Google Form. Teknik analisis data menggunakan aplikasi SPSS versi 23. Hasil Penelitian membuktikan bahwa: 1) terdapat pengaruh hasil belajar terhadap Minat mahasiswa dalam memilih karir sebagai Praktisi perkantoran di PAP FKIP UNS; 2) terdapat pengaruh yang sedikit lebih besar dari personalitas terhadap Minat mahasiswa dalam memilih karir sebagai Praktisi perkantoran di PAP FKIP UNS dibandingkan pengaruh dari hasil belajar; 3) terdapat pengaruh hasil belajar dan personalitas secara bersama-sama terhadap minat mahasiswa dalam memilih karir sebagai Praktisi perkantoran di PAP FKIP UNS. Hasil belajar dan personalitas mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Memilih karir sebagai Praktisi perkantoran di PAP FKIP UNS sebesar 30% sisanya sebesar 70% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti pada penelitian ini.

×
Penulis Utama : Fika Heningtyas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7520032
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Hasil Belajar dan Personalitas terhadap Minat Mahasiswa dalam Memilih Karir sebagai Praktisi Perkantoran di PAP FKIP UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Hasil Belajar, Personalitas, Minat Memilih Karir, Praktisi Perkantoran, Teori Krumboltz, Teori J. Holland.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : http://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1496
Link DOI : http://jurnal.kolibi.org/index.php/cendikia/article/view/1496
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Susantiningrum, S.Pd., S.E., M.A.B.
Penguji : 1. Prof. Dr. C. Dyah Sulistyaningrum I, M.Pd.
2. Dr. Tutik Susilowati, S.Sos., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.