Penulis Utama : Diah Ayu Novita Sari
NIM / NIP : K7620021
×

Diah Ayu Novita Sari. K7620021. Pembimbing I: Dr. Sudarno, M. Pd. PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FEAR OF FAILURE TERHADAP MINAT BERKARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET. Skripsi, Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.

            Penelitian ini dilakukan untuk bertujuan (1) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap minat berkarir menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS. (2) Mengetahui pengaruh fear of failure terhadap minat berkarir menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS. (3) Mengetahui pengaruh lingkungan keluarga dan fear of failure terhadap minat berkarir menjadi guru pada mahasiswa FKIP UNS.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dari penelitian ini menggunakan kuisioner pada mahasiswa FKIP UNS angkatan 2020. Teknik pengambilan sampel digunakan teknik non probability sampling dengan teknik purposive sampling merupakan sebuah metode pegambilan sampel tidak acak. Teknik uji validitas yang digunakan adalah teknik korelasi product moment dan sumber data, pengujian reliabilitas menggunakan teknik analisis alpha cronbach’s. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dengan hasil data berdistribusi normal, uji linearitas dengan adanya hubungan linear, uji multikolinearitas dengan tidak adanya gejala multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas dengan data tidak terjadi gejala heteroskedastisitas.

Pengujian hipotesis menggunakan uji linear regresi berganda dengan hasil variabel lingkungan keluarga (X1) hasil unstandardized coefficient β bernilai positif sebesar 0,439, maka dapat diartikan jika variabel lingkungan keluarga (X1) meningkat, akan meningkat pula variabel minat berkarir menjadi guru (Y) dan variabel fear of failure (X2) ) hasil unstandardized coefficient β  bernilai negatif sebesar (-0,034), maka dapat diartikan apabila variabel fear of failure (X2) meningkat, variabel minat berkarir menjadi guru (Y1) akan menurun.

Pada perhitungan uji nilai t bahwa variabel lingkungan keluarga (X1) nilai hasil signifikansi yang diperoleh sebesar 0,00 < 0><!--[if gte msEquation 12]>o<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> ditolak dan H<!--[if gte msEquation 12]>a<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> diterima, artinya adanya pengaruh antara variabel lingkungan keluarga terhadap variabel minat berkarir menjadi guru (Y1), pada variabel fear of failure (X2) dilihat dari hasil signifikansi sebesar 0,638 > 0,05 dilihat dari dasar pengambilan keputusan, maka H<!--[if gte msEquation 12]>o<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> diterima dan H<!--[if gte msEquation 12]>a<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]--> ditolak, artinya tidak adanya pengaruh antara variabel fear of failure terhadap minat berkarir menjadi guru (Y). 

Perhitungan determinasi (<!--[if gte msEquation 12]>R2<![endif]--><!--[if !msEquation]--><!--[if gte vml 1]> <![endif]--><!--[if !vml]--><!--[endif]--><!--[endif]-->), didapatkan hasil adjusted r square pada variabel lingkungan keluarga (X1) dan variabel fear of failure (X2) terhadap variabel minat berkarir menjadi guru (Y) sebesar 15,9% < 1>fear of failure (X2) , yang diikuti penurunan pada variabel minat berkarir menjadi guru (Y).

×
Penulis Utama : Diah Ayu Novita Sari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7620021
Tahun : 2024
Judul : PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN FEAR OF FAILURE TERHADAP MINAT BERKARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi PTN
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : lingkungan keluarga, fear of failure, dan minat berkarir menjadi guru.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sudarno, S. Pd., M. Pd
Penguji : 1. Dr. Muh. Sabandi, M. Si
2. Dini Octoria, S. Pd., M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.