Penulis Utama : Istinah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis perubahan rasio keuangan dalam memprediksi perubahan laba dengan mempertimbangkan size effect (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0201009-2005
Subyek : LABA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perubahan rasio keuangan berpengaruh terhadap perubahan laba dan apakah ukuran perusahaan (size effect) berpengaruh terhadap pengaruh perubahan rasio keuangan terhadap perubahan laba perusahaan. Sumber data yang dipakai dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta periode 1998-2002. Sehubungan dengan masalah tersebut diajukan hipotesis pertama sebagai berikut: perubahan rasio keuangan berpengaruh terhadap perubahan laba perusahaan manufaktur. Sedangkan hipotesis kedua adalah ukuran perusahaan berpengaruh terhadap pengaruh perubahan rasio keuangan terhadap perubahan laba perusahaan manufaktur.

Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling, mengingat sampel yang digunakan harus memenuhi kriteria tertentu sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil pengolahan data menghasilkan sampel sebanyak 69. Instrumen dalam penelitian ini adalah perubahan laba sebagai variabel dependen, sedangkan perubahan rasio keuangan sebagai variabel independen, dan ukuran perusahaan (size effect) sebagai variabel dummy. Metode analisis data harus memenuhi kriteria uji normalitas data dan uji asumsi klasik. Sedangkan uji hipotesis dengan analisis regresi berganda.

Hasil analisis menunjukkan semua data memenuhi kriteria normalitas data dan terbebas dari penyimpangan asumsi klasik. Hasil analisis regresi pertama menunjukkan bahwa perubahan rasio keuangan berpengaruh terhadap perubahan laba. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 13,718 yang lebih besar dari Ftabel 2,04 dengan p sebesar 0,000. Namun secara parsial hanya perubahan rasio ROI dan perubahan rasio DTE yang berpengaruh secara signifikan dalam memprediksi perubahan laba. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung ROI sebesar –2,836 lebih kecil dari ttabel –2,000 dengan p sebesar 0,006 dan thitung DTE sebesar 6,719 lebih besar dari ttabel 2,000 dengan p sebesar 0,000. Hasil analisis regresi kedua menunjukkan bahwa ukuran perusahaan (size effect) berpengaruh terhadap pengaruh perubahan rasio keuangan terhadap perubahan laba perusahaan manufaktur. Hal ini ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 12,355 lebih besar dari Ftabel sebesar 2,00 dengan p sebesar 0,000.

Berdasarkan temuan-temuan tersebut maka diajukan saran-saran agar penelitian selanjutnya menggunakan sampel secara random, mempertimbangkan faktor ekonomi dalam penelitian, dan mempertimbangkan lagi rasio keuangan yang mempunyai daya prediksi di masa yang akan datang.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Dra. Endang Suhari, M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis