Penulis Utama : Arvian Raditya Airlangga
NIM / NIP : I0520013
×

Metil metakrilat memiliki banyak aplikasi. Beberapa di antaranya yaitu pada industri polimer, industri kosmetik, hingga di bidang kesehatan. Pabrik metil metakrilat dirancang dengan kapasitas produksi 180.000 ton/tahun. Pabrik direncanakan beroperasi pada tahun 2027 di Cilegon, Banten.


Pembuatan metil metakrilat menggunakan bahan baku berupa asam metakrilat dengan kemurnian 98% dan metanol dengan kemurnian 99,85%, dibantu oleh katalis berupa asam sulfat dengan kemurnian 98%. Metil metakrilat dihasilkan melalui proses reaksi esterifikasi di dalam reaktor alir tangki berpengaduk (RATB) sejumlah dua tangki yang disusun secara seri dengan suhu reaksi 92oC dan tekanan 1 atm yang beroperasi secara isothermal dengan media pendingin berupa sea water. Konversi pada reaktor pertama sebesar 69,242% dan konversi pada reaktor kedua sebesar 85%. Keluaran reaktor diumpankan ke dua dekanter yang disusun secara paralel, untuk memisahkan fase berat dan ringan. Fase ringan yang didominasi produk kemudian dialirkan ke Stripper 1 dan menara distilasi 1 untuk memeroleh kemurnian produk metil metakrilat mencapai 99,8%. Fase berat yang didominasi air, diumpankan ke Stripper 2, dan menara distilasi 2 untuk recycle bahan baku dan katalis.


Unit pendukung proses pabrik meliputi unit pengadaan air, refrigerasi, steam, udara tekan, listrik, bahan bakar, dan pengolahan limbah. Air bersumber dari air laut dengan kebutuhan 89,994 L/ton produk. Pengadaan udara sebesar 6,882 m3/ton produk. Pengadaan tenaga listrik sebesar 30,498 kWh/ton produk. Pengadaan bahan bakar boiler sebesar 21,982 L MFO/ton produk, generator sebesar 0,546 L HSD/ton produk. Pabrik didukung dengan laboratorium untuk mengontrol kualitas bahan baku, produk, serta limbah sesuai batasan yang diizinkan.


Pabrik berbentuk Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Jumlah karyawan sebanyak 153 karyawan dengan 112 karyawan shift dan 41 karyawan non-shift dengan 1,7 manhour/ton produk.


Kebutuhan bahan baku asam metakrilat sebesar 0,885 ton/ton produk, metanol sebesar 0,326 ton/ton produk, dan asam sulfat sebesar 0,000014 ton/ton produk. Analisa non-discounted menunjukkan payback period selama 1,511 tahun, cummulative cash ratio sebesar 2,906, dan rate of return on investment 53,954%. Analisa discounted menunjukkan discounted payback period selama 1,836 tahun, present value ratio sebesar 1,581, dan discounted cash-flow rate of return 19,420%.

×
Penulis Utama : Arvian Raditya Airlangga
Penulis Tambahan : 1. Raihan Alamsyah
NIM / NIP : I0520013
Tahun : 2024
Judul : Prarancangan Pabrik Metil Metakrilat dari Asam Metakrilat dan Metanol dengan Proses Esterifikasi Menggunakan Katalis Asam Sulfat Kapasitas 180.000 Ton/Tahun
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2024
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Inayati, S.T., M.T., Ph.D.
2. Prof. Dr.Eng. Agus Purwanto, S.T., M.T.
Penguji : 1. Dr. Fadilah, S.T., M.T.
2. Dr. Sperisa Distantina, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.