Penulis Utama : Fadilla Nurrahma Puspita Dewi
NIM / NIP : K8120026
×

Pemahaman konsep bilangan menjadi dasar dari penguasaan konsep-konsep matematika selanjutnya sehingga pengenalan konsep bilangan perlu dikenalkan pada anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada anak kelompok A di TK Al Islam 5 Grobagan menggunakan media number rods. Media number rods merupakan media permainan ciptaan Montessori berupa batang-batang kayu berjumlah 10 batang yang dibagi menjadi warna merah dan biru digunakan anak untuk mengenal konsep bilangan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan melibatkan 30 anak kelompok A sebagai partisipan. Penelitian dilakukan selama dua siklus dengan melibatkan media number rods untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi anak, catatan pengamatan, dan wawancara dengan guru. Analisis data dilakukan dengan membandingkan kemampuan mengenal konsep bilangan pada pratindakan, siklus I dan siklus II anak, serta mengevaluasi hasil anak terhadap penggunaan media number rods.

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan mengenal konsep bilangan setelah diterapkan media number rods. Anak menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membilang benda 1-10, mengurutkan objek benda dengan lambang bilangan 1-10, memasangkan lambang bilangan 1-10 dengan benda, mengenal konsep bilangan lebih banyak dan lebih sedikit dari pratindakan hingga siklus II. Kemampuan anak mengenal konsep bilangan pada siklus I meningkat sebesar 20,01% menjadi 46,67% anak yang mencapai nilai ketuntasan dan Siklus II meningkat sebesar 36,66% menjadi 83,33% anak yang mencapai nilai ketuntasan dan telah melampaui target pencapaian yang ditetapkan oleh peneliti.  Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang penggunaan media number rods dalam meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan anak kelompok A. Hasil penelitian ini memiliki implikasi praktis yang relevan untuk lembaga pendidikan, guru, dan orang tua dalam memperkaya metode pembelajaran dan mendukung perkembangan kemampuan mengenal konsep bilangan anak.

×
Penulis Utama : Fadilla Nurrahma Puspita Dewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8120026
Tahun : 2024
Judul : Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan dengan Menggunakan Media Number Rods pada Kelompok A di TK Al Islam 5 Grobagan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Pendidikan Anak Usia Dini, Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan, Number Rods
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Anjar Fitrianingtyas, S.Pd., M.Pd.
2. Adriani Rahma Pudyaningtyas, S.Psi., M.A.
Penguji : 1. Dr. Anayanti Rahmawati, S.Psi., Psi., M.A.
2. Vera Sholeha, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.