Penulis Utama : Natasya Yola Ferdilla
NIM / NIP : I0520079
×
Aqila Putri Ramadhani, Natasya Yola Ferdilla, 2024, Prarancangan Pabrik Phthalic Anhydride dari Naphthalene dengan Proses Oksidasi Kapasitas 75.000 Ton/Tahun, Program Studi Sarjana Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Surakarta.
    Phthalic anhydride (C8H4O3) merupakan bahan kimia yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan plasticizer, unsaturated polyester resin (UPR), alkyd resin, dan lain-lain. Pendirian pabrik ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan phthalic anhydride dalam negeri yang belum dapat dipenuhi oleh PT Petrowidada. Selain itu, pabrik ini juga akan mengekspor phthalic anhydride ke beberapa negara. Pabrik ini dirancang dengan kapasitas 75.000 ton/tahun yang akan beroperasi pada tahun 2026 di Kawasan Industri Cilegon, Banten. Satu kg produk phthalic anhydride 99,56% membutuhkan 0,88 kg naphthalene 99,5% dan 26,04 kg udara serta menghasilkan 25,91 kg limbah gas.
    Proses pembuatan phthalic anhydride melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan bahan baku, tahap reaksi, dan tahap pemurnian produk. Pada tahap persiapan bahan baku, naphthalene padat dilelehkan di melter lalu diuapkan di vaporizer dan dipisahkan antara uap dan cairannya di separator. Hasil atas separator berupa gas naphthalene dipanaskan dalam furnace bersama dengan umpan udara hingga suhu 357 C dan tekanan 1,7 bar. Keluaran furnace masuk ke reaktor fixed bed multitube yang berisi katalis padat vanadium pentaoksida dan dowtherm A sebagai pendingin. Konversi di reaktor sebesar 99% terhadap naphthalene. Tahap pemurnian dilakukan dengan mengalirkan produk reaktor ke switch condenser untuk dipisahkan antara condensable gas dan non condensable gas lalu dialirkan ke rotary drum flaker sehingga dihasilkan produk phthalic anhydride dengan kemurnian 99,56?rbentuk flake.
    Unit pendukung proses meliputi unit pengadaan air yang bersumber dari air laut dengan kebutuhan sebesar 0,01 m3/kg produk, unit pengadaan dowtherm A sebesar 7,15 kg/kg produk, unit pengadaan steam sebesar 0,59 kg/kg produk dengan suhu 254 C dan tekanan 42,52 bar, unit pengadaan udara tekan sebesar 0,01 m3/kg produk dengan tekanan 4 bar, unit pengadaan listrik sebesar 0,03 kWh/kg produk, serta unit pengadaan bahan bakar High Speed Diesel 0,04 L/kg produk dan Liquified Natural Gas 0,0001 L/kg produk. Pabrik juga didukung dengan laboratorium untuk mengontrol mutu bahan baku, produk, dan air sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.
    Bentuk perusahaan adalah Perseroan Terbatas (PT) dengan struktur organisasi line and staff. Jumlah kebutuhan tenaga kerja sebanyak 162 orang yang terdiri atas karyawan shift dan non-shift.
    Analisis profitabilitas non-discounted menunjukkan nilai PBP selama 1,28 tahun, CCP sebesar Rp2.245.361.608.838,72, CCR sebesar 4,39, dan ROROI sebesar 89,72%. Berdasarkan analisis profitabilitas discounted diperoleh nilai DPBP selama 1,43 tahun, NPV sebesar Rp1.312.180.438.283,86, PVR sebesar 2,96, dan DCFROR sebesar 30,85%. Evaluasi risiko dalam perhitungan profitabilitas didapatkan nilai BEP sebesar 58,53% dan SDP sebesar 42,81%. Berdasarkan analisis ekonomi, maka pabrik phthalic anhydride ini dinilai layak untuk didirikan.
×
Penulis Utama : Natasya Yola Ferdilla
Penulis Tambahan : 1. Aqila Putri Ramadhani
NIM / NIP : I0520079
Tahun : 2024
Judul : PRARANCANGAN PABRIK PHTHALIC ANHYDRIDE DARI NAPHTHALENE DENGAN PROSES OKSIDASI KAPASITAS 75.000 TON/TAHUN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2024
Program Studi : S-1 Teknik Kimia
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Adrian Nur, S.T., M.T.
2. Dr. Y. C. Danarto, S.T., M.T.
Penguji : 1. Ir. Mujtahid Kaavessina, S.T., M.T., Ph.D.
2. Tika Paramitha, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.