Penulis Utama : Edy Purwanto
NIM / NIP : T751908001
×

Sebagian besar Wilayah Indonesia terletak di daerah rawan gempa. Peristiwa gempa bumi yang terjadi di Indonesia menunjukkan kerusakan yang besar khususnya terhadap bangunan hunian masyarakat. Rumha-rumah yang rusak ini karena tidak memenuhi persyaratan teknis terhadap bangunan tahan gempa. Rumah-rumah yang dibangun tanpa mengikuti ketentuan dan prinsip-prinsip teknis tetapi hanya mengandalkan pada kebiasaan praktek setempat biasanya merupakan bangunan yang dapat dikategorikan sebagai bangunan non-teknis (non-engineered building/(NEB). Kerusakan pada rumah NEB rata-rata karena terlepasnya antar elemen bangunan, khususnya elemen balok dan kolom. Kerusakan bagian pertemuan balok kolom antara lain disebabkan karena tidak sempurnanya panjang penyaluran atau tidak adanya ikatan yang kuat antara elemen balok dan kolom. Pada bangunan teknis (engineered building) telah banyak diterapkan perkuatan dengan bahan Carbon-Fibre-Reinforced-Polymer (CFRP), Glass-Fibre-Reinforced-Polymer (GFRP), Textile reinforced concrete (TRC) maupun steel (baja). Perkuatan pada bangunan NEB masih belum banyak dilakukan perkuatan, sehingga pada penelitian ini dilakukan usaha perkuatan dengan pelat baja. Pelat baja dijadikan bahan perkuatan karena mempunyai efektifitas dan efisiensi yang lebih baik, terutama dibandingkan dengan material CFRP, GFRP maupun TRC.

 

Pada penelitian ini dibuat model benda uji portal beton bertulang yang mewakili kondisi NEB di daerah Pacitan dan Surakarta, dengan ukuran balok 150 mm x 200 mm dengan panjang 3000 mm dan kolom ukuran 150 mm x 150 mm dengan ketinggian 2500 mm, pada bagian hubungan balok kolom tulangan hanya saling menumpu dan tidak ada tulangan angker dari balok ke bagian kolom. Ada tiga variasi model benda uji, yaitu benda uji normal (NEB-001), benda uji perkuatan pelat baja lebar 75 mm (NEB751) dan benda uji dengan perkuatan pelat baja lebar 100 mm (NEB-101). Pengujian dilakukan secara numerik dengan software ATENA v5.9.0 dan pengujian eksperimen dengan beban pseudo dinamik dengan loading protocol mengikuti Standar ACI 374.1-05. Pengujian numerik yang dilakukan bertujuan untuk mendukung pengujian eksperimen, yaitu yang terkait dengan kondisi retak, tegangan pada tulangan dan beton (macroelemen), serta pola keruntuhan model benda uji. Pengujian numerik dan eksperimen yang dilakukan untuk mengetahui kapasitas model benda uji, pola retak, kurva kerapuhan hingga probabilitas tingkat kerusakan pada kondisi design base earthquake (10%, 50 tahun) dan Maximum Considered Earthquake (2%, 50 tahun) dari daerah yang ditinjau. Kinerja seismik dari model benda uji akan menunjukkan kinerja pelat baja sebagai bahan perkuatan yang efektif dan efisien.

 

Hasil pengujian numerik menunjukkkan bahwa pola keruntuhan benda uji mirip dengan pengujian eksperimen. Data yang terkait dengan retak, tegangan, simpangan dan pembebanan pada kondisi awal pengujian numerik mendukung pengujian eksperimen terkait dengan penentuan damage state model yang diteliti terutama pada damage state DS1 (slight) dan DS2 (moderate). Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa model perkuatan terutama dengan pelat lebar 100 mm (NEB-101) meningkatkan kapasitas beban, merubah kerusakan di daerah hubungan balok kolom ke bagian kolom, meningkatkan drift ratio ambang batas kerusakan dari pre-code ke high-code pada kondisi damage state slight dan moderate serta mengurangi undamaged state dari NEB tanpa perkuatan. Sehingga berdasarkan kinerja yang baik dari perkuatan pelat baja pada bagian hubungan balok kolom tersebut menunjukkan efektifitas dan efisiensi dari bahan perkuatan yang dipakai. Bahwa bahan perkuatan mempunyai efektifitas dalam memberikan kinerja seismik yang lebih baik dan efisien dalam pemakaian bahan dan sumberdaya manusia karena metode perkuatan yang sangat mudah.

×
Penulis Utama : Edy Purwanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T751908001
Tahun : 2024
Judul : Perkuatan Hubungan Balok Kolom Bangunan Non-Teknis (Non-Engineered Building) Dengan Pelat Baja Untuk Meningkatkan Kinerja Seismik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2024
Program Studi : S-3 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : non-engineered building, perkuatan, meningkatkan, kinerja seismik
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://doi.org/10.3390/buildings14020488
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Stefanus Adi Kristiawan, ST., MSc., PhD
2. Dr. Senot Sangadji, ST., MT
3. Dr. Eng. Halwan Alfisa Saifullah, ST., MT
Penguji : 1. Dr. techn. Ir. Sholihin As'ad, MT
2. Dr. Achmad Basuki, ST., MT
3. Dr. Endah Safitri, ST., MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.