Penulis Utama : Muhammad Zaenul Muttaqin
NIM / NIP : K2519067
× <p class="MsoNormal" xss="removed"><span xss=removed>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi mahasiswa calon guru di Eks JPTK FKIP Universitas Sebelas Maret (UNS) terhadap integrasi Sustainable Development (SD) dalam kurikulum pendidikan guru kejuruan. Pendekatan yang digunakan adalah metode campuran (mixed methods) dengan desain eksplanatori sekuensial, dimana data kuantitatif dikumpulkan terlebih dahulu melalui kuesioner diikuti pengumpulan data kualitatif melalui wawancara sebagai konfirmasi ulang. Populasi penelitian adalah mahasiswa aktif dari tiga program studi: Pendidikan Teknik Mesin, Pendidikan Teknik Informatika, dan Pendidikan Teknik Bangunan, dengan sampel sebanyak 258 mahasiswa yang diambil menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial, sementara data kualitatif dianalisis dengan teknik tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap integrasi SD dalam kurikulum bervariasi, dengan pengetahuan lebih baik ditemukan pada mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Sebagian besar mahasiswa belum sepenuhnya memahami konsep SD, dan mereka merasa bahwa kampus belum cukup aktif dalam inisiatif SD. Meskipun ada kesadaran akan pentingnya perubahan iklim dan lingkungan, partisipasi aktif dalam kegiatan lingkungan masih rendah. Minat mahasiswa untuk bekerja di perusahaan atau institusi yang peduli pada SD juga bervariasi, dengan preferensi yang hampir seimbang antara penghasilan dan keberlanjutan. Penelitian ini mengimplikasikan perlunya peningkatan integrasi SD dalam kurikulum dan kegiatan kampus, serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi mahasiswa. Penelitian selanjutnya dapat difokuskan pada program peningkatan pemahaman SD dan penelitian di universitas lain.</span><br></p>
×
Penulis Utama : Muhammad Zaenul Muttaqin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2519067
Tahun : 2024
Judul : ANALISIS PERSEPSI MAHASISWA CALON GURU TERHADAP INTEGRASI SUSTAINABLE DEVELOPMENT (SD) DALAM KURIKULUM PENDIDIKAN GURU KEJURUAN(STUDI DI EKS JPTK FKIP UNS)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Sustainable Development, Kurikulum Pendidikan, Persepsi Mahasiswa, Pendidikan Guru Kejuruan, Mixed Methods.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Towip, S.Pd., M.T.
Penguji : 1. Towip, S.Pd., M.T.
2. Dr. Yuyun Estriyanto, S.T., M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.