Penulis Utama : Andrian Febrianto
NIM / NIP : K1220012
×

Andrian Febrianto. K1220012. Pembimbing I: Prof. Dr. Andayani, M. Pd. Pembimbing II: Titi Setiyoningsih, S. Pd., M. Pd. STRATEGI PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI BAHASA INDONESIA (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 2 SUKOHARJO). Skripsi. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Juli 2024.

            Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan dan menjelaskan bagaimana strategi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Sukoharjo, (2) Mendeskripsikan dan menjelaskan kendala yang dihadapi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Sukoharjo, serta (3) Mendeskripsikan dan menjelaskan upaya yang dilakukan perpustakaan sekolah dalam menghadapi kendala untuk meningkatkan literasi bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Sukoharjo. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus. Data penelitian ini berupa transkrip dari hasil wawancara. Sumber data meliputi dokumen (program kerja perpustakaan sekolah SMK Negeri 2 Sukoharjo) dan informan (pustakawan perpustakaan sekolah SMK Negeri 2 Sukoharjo). Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik uji validitas yang digunakan adalah triangulasi sumber data. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, strategi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesian di SMK Negeri 2 Sukoharjo, yaitu: membentuk tim literasi sekolah; kerja sama dengan warga sekolah; menyediakan sarana dan prasarana untuk kebutuhan pemustaka; memberikan penghargaan kepada siswa bagi yang sering berkunjung atau meminjam; menyediakan pojok baca; melakukan promosi; dan digitalisasi perpustakaan. Kedua, kendala yang dihadapi perpustakaan sekolah dalam meningkatkan literasi bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Sukoharjo, yaitu: kurangnya SDM pustakawan yang masih muda; kurangnya perhatian dari guru di kelas; dan pengadaan bahan bacaan fiksi yang tidak bisa dianggarkan. Ketiga, upaya yang dilakukan perpustakaan sekolah dalam menghadapi kendala untuk meningkatkan literasi bahasa Indonesia di SMK Negeri 2 Sukoharjo, yaitu: bekerja sama dengan guru mata pelajaran yang masih muda; meningkatkan komunikasi dengan guru di kelas; dan melakukan pengadaan bahan bacaan fiksi dari anggaran lain.

×
Penulis Utama : Andrian Febrianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K1220012
Tahun : 2024
Judul : Strategi Perpustakaan Sekolah dalam Meningkatkan Literasi Bahasa Indonesia (Studi Kasus di SMK Negeri 2 Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : strategi perpustakaan, perpustakaan sekolah, literasi bahasa Indonesia
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Andayani, M. Pd.
2. Titi Setiyoningsih, S. Pd., M. Pd.
Penguji : 1. Dr. Budhi Setiawan, M. Pd.
2. Dr. Chafit Ulya, S. Pd., M. Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.