Penulis Utama : Arinda Daswita Cahayani
NIM / NIP : V0721014
×

Arinda Daswita Cahayani. V0721014. Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Keuangan Transaksi Enterprise Resource Planning (ERP) Berbasis Website di PT Jasa Raharja Perwakilan Surakarta. Program Studi Diploma III Manajemen Administrasi, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, 2024.

Pesatnya perkembangan teknologi digital memberikan dampak signifikan terhadap berbagai aspek kehidupan. Perkembangan teknologi informasi juga memberi dampak pada bidang kearsipan. Aktivitas administrasi organisasi yang menghasilkan arsip setiap harinya tentunya membutuhkan sistem informasi pengelolaan secara digital. PT Jasa Raharja merupakan salah satu perusahaan  asuransi yang menangani asuransi kecelakaan lalu-lintas. Supaya arsip yang dihasilkan memiliki sistem pengelolaan berbasis website, maka PT Jasa Raharja menggunakan sistem informasi pengelolaan arsip keuangan transaksi ERP berbasis website. Tujuan pengamatan ini untuk mengetahui bagaimana sistem informasi pengelolaan arsip keuangan transaksi ERP berbasis website di PT Jasa Raharja Perwakilan Surakarta dan apa saja kendala yang dihadapi selama proses pengelolaan arsip keuangan transaksi ERP berlangsung.

Jenis pengamatan yang digunakan dalam melakukan pengamatan ini adalah observasi berperan serta, yakni orang yang melakukan pengamatan berperan serta ikut ambil bagian dalam aktivitas kehidupan orang yang diobservasi. Dengan adanya observasi berperan ini, penulis ikut serta dalam proses pengelolaan arsip digital dari awal hingga akhir. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis meliputi: wawancara, observasi, dokumentasi, serta mengkaji dokumen dan arsip. Hasil dari pengamatan yang dilakukan oleh penulis adalah pengelolaan arsip keuangan transaksi ERP berbasis website. Tahapan pengelolaan arsip meliputi mempersiapkan file, melakukan alih media dengan cara scanning, menyimpan hasil scan pada folder lalu arsip hard file disimpan pada ruang arsip. Pengelolaan Arsip Keuangan transaksi ERP didukung oleh komponen SMDD yang terdiri atas input, verifikasi, dan otorisasi. Dalam pengelolaan arsip keuangan ditemukan beberapa kendala yakni: proses penginputan arsip yang tidak sesuai kriteria, proses input arsip yang tidak on time, kurangnya jumlah SDM, serta kurangnya ketelitian SDM terhadap proses petunjuk teknis pengelolaan arsip keuangan.

×
Penulis Utama : Arinda Daswita Cahayani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0721014
Tahun : 2024
Judul : Sistem Informasi Pengelolaan Arsip Keuangan Transaksi Enterprise Resource Planning (ERP) Berbasis Website di PT Jasa Raharja Perwakilan Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Manajemen Administrasi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Arsip Keuangan, Pengelolaan Arsip, Sistem Informasi Manajemen
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Chairul Huda Atma Dirgatama, S.Pd., M.Pd
Penguji : 1. Irsyadul Ibad, S.AB., M.Ed., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.