Penulis Utama : Ervizal Buana Jatiputra
NIM / NIP : I0320035
×

Ervizal Buana Jatiputra, NIM: I0320035. MANAJEMEN LOGISTIK MENGGUNAKAN PENDEKATAN HEURISTIK UNTUK ESTIMASI JUMLAH PALLET MUATAN (STUDI KASUS PADA PT XYZ). Skripsi. Surakarta: Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret, Juli 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model yang mengintegrasikan estimasi jumlah pallet dan perencanaan pengiriman truk untuk mengoptimalkan pemesanan armada pengiriman produk PT XYZ dari National Distribution Center (NDC) ke Regional Distribution Center (RDC) dan Distribution Center (DC). PT XYZ, sebagai perusahaan FMCG kosmetik terkemuka di Indonesia, menghadapi masalah dalam manajemen armada terkait akurasi estimasi jumlah pallet yang rendah, yang berdampak pada tingginya biaya distribusi akibat salah pesan truk.

Penelitian ini mengembangkan model linear programming dan pendekatan heuristik untuk memperbaiki sistem estimasi pallet agar mendapatkan estimasi jumlah pallet yang akurat dan pemilihan kombinasi truk dengan biaya sewa terendah. Pendekatan heuristik menggunakan first-fit digunakan untuk melakukan pendekatan terhadap peletakan item dalam pallet untuk mencapai tingkat akurasi yang lebih optimal.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan ini mampu meningkatkan akurasi estimasi jumlah pallet hingga 72,12% dan mengurangi kesalahan pemesanan truk sebesar 73,91%. Implementasi model ini diperkirakan mampu mengurangi biaya operasional distribusi hingga Rp 591.720.833,33 per tahun dan meningkatkan efisiensi dalam proses distribusi PT XYZ. Model ini juga memperbaiki keandalan dan konsistensi dalam manajemen distribusi. Hal ini memberikan dampak positif pada kepuasan pelanggan dan operasional perusahaan secara keseluruhan.

 

Kata Kunci: Estimasi Jumlah Pallet, Fleet Management, Heuristik, Linear Programming, Efisiensi Distribusi, First-fit Decreasing

×
Penulis Utama : Ervizal Buana Jatiputra
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0320035
Tahun : 2024
Judul : Manajemen Logistik Menggunakan Pendekatan Heuirstik Untuk Estimasi Jumlah Pallet Muatan (Studi Kasus pada PT XYZ)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Teknik - 2024
Program Studi : S-1 Teknik Industri
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Estimasi Jumlah Pallet, Fleet Management, Heuristik, Linear Programming, Efisiensi Distribusi, First-fit Decreasing
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Wahyudi Sutopo, S.T., M.Si, IPM
2. Ir. Renny Rochani, M.T., Ph.D
Penguji : 1. Dr. Eko Liquiddanu, S.T., M.T.
2. Dr. Ir. Lobes Herdiman, M.T.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.