Penulis Utama : Ranindya Inugrahanti
NIM / NIP : B0120054
×

  Ranindya Inugrahanti. B0120054. 2024. Konflik dan Kepribadian Tokoh Utama Dalam Naskah Ketoprak “19-49” Karya Panggah Rudhita (Kajian Psikologi Sastra). Skripsi: Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu: (1) keterkaitan antarunsur struktur dan tekstur dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita; (2) bentuk konflik yang dialami oleh tokoh utama dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita; (3) tipe kepribadian tokoh utama dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita.

Tujuan Penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan keterkaitan antarunsur struktur dan tekstur dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita menggunakan teori struktur drama RMA. Harymawan dan teori tekstur drama George Riley Kernodle; (2) mendeskripsikan bentuk konflik pada tokoh utama dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita menggunakan psikologi behaviorisme Burrhus Frederic Skinner; (3) Mendeskripsikan tipe kepribadian tokoh utama dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita menggunakan teori The Big Five Personality McCrae dan Costa.

Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian sastra, dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita dan informan. Data dalam penelitian ini adalah isi naskah berupa teks dialog dan petunjuk laku serta hasil wawancara. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita dan Informan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik analisis isi, dan teknik wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis struktur dan analisis psikologi sastra.

Hasil dari penelitian ini adalah; (1) deskripsi struktur dan tekstur naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita menunjukkan adanya keterkaitan antar unsur struktur RMA. Harymawan dan tekstur George Riley Kernodle yang terdiri dari tema, tokoh, alur, dialog, mood, dan spectacle; (2) deskripsi bentuk konflik pada tokoh utama dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita antara lain tokoh Retna, Teja, Ajeng, Panca dengan menggunakan teori psikologi behaviorisme Burhuss Frederic Skinner meliputi stimulus, respon, dan efek; (3) deskripsi tipe kepribadian tokoh utama dalam naskah ketoprak “19-49” karya Panggah Rudhita antara lain tokoh Retna, Teja, Ajeng, Panca dengan menggunakan teori The Big Five Personality McCrae dan Costa yang meliputi extraversion, agreeableness, conscientiousness, neuroticism, dan openness to experience.

×
Penulis Utama : Ranindya Inugrahanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120054
Tahun : 2024
Judul : Konflik dan Kepribadian Tokoh Utama dalam Naskah Ketoprak "19-49" Karya Panggah Rudhita (Kajian Psikologi Sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci: Konflik, Kepribadian, Naskah Ketoprak, Psikologi Behaviorisme
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prasetyo Adi Wisnu Wibowo, S.S., M.Hum.
Penguji : 1. Prof. Sahid Teguh Widodo, S.S., M.Hum., Ph.D.
2. Dr. Suyatno, M.Si
3. Siti Muslifah, S.S., M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.