Penulis Utama : Fatimah Febrianti
NIM / NIP : K7620038
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh persepsi keamanan terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan penggunaan fintech; (2) pengaruh literasi keuangan terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan penggunaan fintech; (3) pengaruh persepsi kegunaan terhadap penggunaan fintech; (4) pengaruh persepsi kemudahan terhadap penggunaan fintech; dan (5) pengaruh mediasi persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan pada hubungan persepsi keamanan dan literasi keuangan terhadap penggunaan fintech pada mahasiswa. Penggunaan fintech dalam transaksi keuangan adalah topik yang menarik untuk didiskusikan, namun penelitian terdahulu di bidang ini masih terdapat perdebatan, sehingga diperlukan studi lebih lanjut. Penelitian ini mengadopsi teori Technology Acceptance Model (TAM). Sampel penelitian sebanyak 397 mahasiswa aktif yang menggunakan fintech dari 45.713 populasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner online yang diadaptasi dari jurnal internasional penelitian terdahulu. Pengujian validitas menggunakan Validitas Konvergen dan Validitas Diskriminan, serta uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha dan Composite Reliability. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji multikolinearitas, uji goodness of fit, dan Analisis Regresi Hierarki. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Persepsi Keamanan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan penggunaan fintech; 2) Literasi Keuangan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, dan penggunaan fintech; 3) Persepsi Kegunaan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan fintech; 4) Persepsi Kemudahan berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap penggunaan fintech; 5) Persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan memediasi secara parsial hubungan antara persepsi keamanan dan literasi keuangan terhadap penggunaan fintech. Penelitian ini membantu penyedia layanan Fintech untuk merancang layanan fintech dengan mempertimbangkan peningkatan fitur keamanan untuk menarik pengguna agar sering menggunakan fintech dan menarik non-pengguna untuk melakukan transaksi keuangan dengan fintech. Penelitian ini juga dapat mendorong Mahasiswa untuk meningkatkan literasi keuangan mereka dengan belajar dan menghadiri seminar tentang keuangan agar dapat menggunakan fintech dengan bijak dan berhati-hati.

×
Penulis Utama : Fatimah Febrianti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7620038
Tahun : 2024
Judul : PENGARUH PERSEPSI KEAMANAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP PENGGUNAAN FINANCIAL TECHNOLOGY DIMEDIASI PERSEPSI KEGUNAAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PADA MAHASISWA UNIVERSITAS SEBELAS MARET
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Financial Technology, Persepsi Keamanan, Literasi Keuangan, Persepsi Kegunaan, Persepsi Kemudahan, Technology Acceptance Model (TAM)
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Link DOI : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Muhammad Sabandi, S.E., M.Si.
Penguji : 1. Dr. Sudarno, S.Pd., M.Pd.
2. Dini Octoria, S.Pd., M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.