Penulis Utama : Radi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2005
Judul : Analisis saluran distribusi produk jadi pada PT. Batik Keris Sukoharjo
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2005
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F3208526-2005
Subyek : MANAJEMEN PEMASARAN
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Setiap perusahaan dituntut untuk dapat bersaing dalam memperebutkan pasar. Oleh karena itu apabila perusahaan ingin berhasil dalam arti tercapai target usahanya, diperlukan kebijakan dan strategi yang baik dalam memasarkan produknya.di dalam teori pemasaran ada strategi yang disebut bauran pemasaran (marketing mix). Salah satu elemen bauran pemasaran adalah distribusi (place). Saluran distribusi harus dilalui sebelum barang yang diproduksi sampai pada konsumen dan berfungsi sebagai jurang pemisah antara produsen dan konsumen.

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran yang jelas mengenai saluran distribusi yang digunakan perusahaan dalam hal ini PT. Batik Keris dalam memasarkan produknya, dan di antara saluran distribusi yang digunakan tersebut mana yang lebih efisien bagi perusahaan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara interview dan observasi secara langsung. Sedangkan tehnik penganalisaan menggunakan analisis deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa PT. Batik Keris menggunakan saluran distribusi langsung dan saluran distribusi tidak langsung dalam memasarkan produknya. Untuk saluran distribusi langsung perusahaan membangun toko-toko atau counter-counter di tempat yang strategis untuk memasarkan produknya. Sedangkan dalam saluran distribusi perusahaan menggunakan beberapa perantara, tetapi dalam prakteknya/ kenyataan di lapangan untuk saluran distribusi tidak langsung sering mengalami keterlambatan dalam penyaluran produk ke konsumen. Hal ini menyebabkan barang menjadi rusak dan biaya yang ditanggung perusahaan menjadi besar. Berdasarkan analisis efisiensi saluran distribusi terhadap volume penjualan, untuk saluran distribusi langsung presentase efisiensinya 2,34 %, sedangkan untuk saluran distribusi tidak langsung sebesar 1,86 %.

Dengan demikian maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah bahwa diantara kedua saluran distribusi yang digunakan PT. Batik Keris tersebut, saluran distribusi tidak langsung lebih efisien dibandingkan dengan saluran distribusi langsung. Oleh karena itu maka sebaiknya perusahaan lebih mengutamakan/ menekankan pada penggunaan saluran distribusi tidak langsung dalam memasarkan produknya.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Joko Suyono, SE, MSi
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis