Penulis Utama : Devi Martina Susanti
NIM / NIP : B0120014
×

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah teks naskah KADJS yang bersih dari kesalahan sesuai cara kerja filologi? (2) Bagaimanakah langkah-langkah pelaksanaan, doa-doa, dan sesaji yang dipersiapkan oleh abdi dalêm Juru Suranata pada upacara Maesa Lawung, Nglabuh, Pados Sêkar Jayakusuma yang terkandung dalam teks naskah KADJS?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Menyajikan teks naskah KADJS yang bersih dari kesalahan sesuai cara kerja filologi. (2) Menyajikan dan mengungkapkan langkah-langkah pelaksanaan, doa-doa, dan sesaji yang dipersiapkan oleh abdi dalêm Juru Suranata pada upacara Maesa Lawung, Nglabuh, Pados Sêkar Jayakusuma dalam teks naskah KADJS.

Bentuk penelitian ini adalah penelitian filologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah naskah KADJS yang merupakan naskah prosa bertuliskan huruf Jawa carik berjumlah 65 halaman. Data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu data primer dari teks naskah KADJS dan data sekunder dari naskah pembanding bernomor katalog KS 224.3 serta kandungan isi yang terdapat dalam teks naskah KADJS. Teknik pengumpulan data dimulai dengan menginventarisasi naskah dari beberapa katalog, setelah ditemukan informasi mengenai keberadaan naskah kemudian peneliti menghubungi pihak terkait untuk mendapatkan akses guna melakukan pengecekan langsung dan pengamatan. Setelah objek penelitian diperoleh, kemudian data dipindah ke dalam komputer untuk ditransliterasi dan diterjemahkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode standar atau metode kritik dengan membetulkan kesalahan kecil dan ketidakajegan ejaan. Selanjutnya dilakukan analisis isi yang bertujuan untuk menyajikan dan mengungkapkan kewajiban abdi dalêm Juru Suranata pada upacara adat Maesa Lawung, Nglabuh, dan Pados Sêkar Jayakusuma.

Simpulan dari penelitian ini adalah (1) Naskah KADJS merupakan naskah tunggal, naskah ini telah ditransliterasi dan dikritisi sehingga diperoleh teks yang bersih dari kesalahan yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Dalam tahap kritik teks dapat diketahui varian bacaan yang ditemukan meliputi: 22 lakuna, 45 substitusi, 9 adisi, dan 3 ketidakkonsistenan penulisan. (2) Naskah KADJS berisi tentang kewajiban abdi dalêm Juru Suranata pada setiap upacara tradisi Maesa Lawung, Nglabuh, dan Pados Sêkar Jayakusuma serta berisi tentang syarat-syarat menjadi abdi dalêm Juru Suranata dan jajarannya.

×
Penulis Utama : Devi Martina Susanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120014
Tahun : 2024
Judul : Naskah Sasana Pustaka Mengeti Kuwajiban Abdi Dalem Juru Suranata, Maesa Lawung, Donga-donga, Nglabuh, Pados Sekar Jayakusuma, saha Mriksa Kasagedan Juru Suranata
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : kuwajiban, abdi dalêm Juru Suranata, Maesa Lawung, Nglabuh, Pados Sêkar Jayakusuma, Karaton Surakarta Hadiningrat, PB XI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sisyono Eko Widodo, M.Hum.
Penguji : 1. Dr. Supana, M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.