Penulis Utama : Naufal Aulia Resi Ramadhani
NIM / NIP : V1621065
×

Shopee adalah aplikasi yang digunakan untuk menjual dan membeli macam-macam produk yang ditawarkan, mulai dari alat-alat dapur, alat tulis kantor, bahan makanan, pakaian, mainan anak dan masih banyak lagi. Kegiatan affiliate merupakan kegiatan kedua belah pihak yang terjalin kerjasama serta hubungan agar terpenuhinya kepentingan bersama dalam mencapai sebuah tujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan affiliate shopee terhadap penjualan Porselux, kendala yang dialami PT Ayo Menebar Kebaikan dan affiliator Porselux, serta memberikan solusi dalam mengatasi masalah yang terjadi.

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data diperoleh dengan menggunakan pengumpulan data wawancara, kuesioner, observasi dan studi pustaka. Data yang dihasilkan diolah dengan menggunakan metode deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan persentase penjualan affiliate shopee terhadap penjualan Porselux pada Bulan Januari sebesar 28,22% sedangkan pada Bulan Februari sebesar 25,42%. Selama menggunakan program affiliate Shopee PT Ayo Menebar Kebaikan mengalami kendala seperti penjualan yang tidak menentu dan tidak bisa ditarget, fee affiliator yang mengalami kenaikan harga, lebih sulit untuk mendapatkan affiliator yang mengupload konten produk dibandingkan affiliator yang melakukan live Shopee, data affiliator sulit dikeola. Dari pihak affiliator juga mengalami beberapa kendala diantaranya kendala tentang algoritma Shopee yang tidak jelas, adanya perubahan aturan yang terlalu sering, konsistensi posting, komisi affiliate Shopee yang berubah-ubah.

Untuk mengatasi kendala tersebut, solusi yang dapat dilakukan adalah memberikan panduan tentang segala informasi tentang algoritma Shopee, perubahan aturan, dan terkait dengan komisi. Shopee juga dituntut menjaga stabilitas aturan untuk meningkatkan kenyamanan bagi siapapun yang berkaitan dalam program affiliate shopee. Dengan menjalankan solusi tersebut, diharapkan PT Ayo Menebar Kebaikan dapat mengoptimalkan penjualan melalui program affiliate Shopee dan memberikan feedback yang baik untuk pihak affiliator jika mengalami kendala lagi di kedepannya. Saran untuk penelitian selanjutnya terkait affiliate Shopee adalah melakukan pendalaman tentang analisis data, melakukan perbandingan dengan platform lain dan menganalisis faktor eksternal.

×
Penulis Utama : Naufal Aulia Resi Ramadhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1621065
Tahun : 2024
Judul : Analisis Penerapan Affiliate Shopee Terhadap Penjualan Produk porselux
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Manajemen Bisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Affiliate Shopee, Penjualan, Porselux
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Myrtana Pusparisti, S.Kom., M.Cs.
Penguji : 1. Yohanes Wien Tineka, S.E., M.Sc.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.