Penulis Utama : Anggi Lailatusholiqah
NIM / NIP : B0120003
×

Anggi Lailatusholiqah. B0120003. 2024. Bentuk Aksara Jawa (Gaya Penulisan) dalam Naskah-Naskah Reksa Pustaka : (Sebuah Kajian Kodikologis). Skripsi : Program Studi Sastra Daerah Fakultas Ilmu Budaya Unversitas Sebelas Maret Surakarta.

Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah deskripsi masing-masing bentuk gaya penulisan aksara Jawa yang terdapat pada naskah-naskah yang tersimpan di Reksa Pustaka? (2) bagaimana implementasi nama bentuk gaya penulisan aksara Jawa pada naskah-naskah baru di Reksa Pustaka yang belum memiliki nama bentuk gaya penulisan? Tujuan dilakukan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan masing-masing bentuk gaya penulisan aksara Jawa yang terdapat pada naskah-naskah yang tersimpan di Reksa Pustaka. (2) mendeskripsikan implementasi nama bentuk gaya penulisan aksara Jawa pada naskah-naskah baru di Reksa Pustaka.

Bentuk penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kodikologis yang bersifat deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Sumber data dalam penelitian ini adalah (1) naskah-naskah yang tersimpan di Reksa Pustaka dan teridentifikasi bentuk gaya penulisannya (terdapat di Katalog Nancy Vol.2). (2) naskah-naskah baru Reksa Pustaka. Data dalam penelitian ini adalah (1) pengelompokan gaya penulisan aksara Jawa yang terdapat di naskah-naskah Reksa Pustaka. (2) deskripsi gaya penulisan aksara Jawa yang terdapat di naskah-naskah Reksa Pustaka.

Teknik pengumpulan data adalah dengan cara penelitian pustaka dengan cara kerja kodikologi, melakukan observasi lapangan, mendokumentasikan setiap naskah dengan teknik fotografi, menganalisa gaya penulisan naskah yang dijadikan sebagai data. Teknik simple random sampling dalam menggambarkan karakteristik bentuk gaya penulisan aksara Jawa dalam konteks kodikologi. Teknik analisis ada dua, yaitu (1) analisis deskripsi masing-masing bentuk gaya penulisan aksara Jawa pada naskah-naskah Reksa Pustaka. (2) analisis implementasi nama bentuk gaya penulisan aksara Jawa pada naskah-naskah Reksa Pustaka yang belum memiliki nama gaya penulisan aksara Jawa.

Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat 4 gaya penulisan aksara Jawa yang digunakan pada naskah-naskah Reksa Pustaka. Gaya penulisannya adalah cursive script pada 399 naskah dengan 11 sub-gaya, quadratic script pada 83 naskah dengan 6 sub-gaya, karaton script pada 248 naskah dengan 4 sub-gaya dan yang terakhir gaya penulisan different writing styles pada 27 naskah dengan 4 sub-gaya. (2) ditemukan sebanyak 31 naskah baru di Reksa Pustaka dengan 28 naskah merupakan manuskrip latin. Gaya penulisan aksara Jawa ngetumbar pada 17 naskah, mbata sarimbag sebanyak 1 naskah, mucuk eri sebanyak 7 naskah, sedangkan pada naskah dengan gaya perpaduan mbata sarimbag ngetumbar ditemukan pada 6 naskah. Gaya penulisan perpaduan ngetumbar mucuk eri 2 naskah.

Kata kunci : Aksara Jawa, Naskah Reksa Pustaka, Kodikologi, Gaya Penulisan Aksara Jawa. 

×
Penulis Utama : Anggi Lailatusholiqah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0120003
Tahun : 2024
Judul : BENTUK GAYA PENULISAN AKSARA JAWA DALAM NASKAH-NAKSAH REKSA PUSTAKA (Suatu Kajian Kodikologis)
Edisi :
Imprint : SURAKARTA - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Jawa
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Aksara Jawa, Naskah Reksa Pustaka, Kodikologi, Gaya Penulisan Aksara Jawa.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Imam Sutarjo, M.Hum
Penguji : 1. Drs. Imam Sutarjo, M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.