Penulis Utama : Atika Sari Damayanti
NIM / NIP : H0218007
×

KETERSEDIAAN HARA MAKRO DAN MIKRO SERTA HASIL PADI PADA LAHAN PASIR PANTAI DENGAN APLIKASI AZOLLA MICROPHYLLA DAN PUPUK KANDANG AYAM1)

 

Atika Sari Damayanti 2), Jauhari Syamsiyah 3), Aktavia Herawati 4)

Program Studi Ilmu Tanah, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta

 

RINGKASAN

 

Lahan pasir pantai memiliki berbagai kendala seperti ketersediaan hara N, P, dan K yang rendah. Untuk memperbaiki keadaan tanah seperti ini diperlukan adanya aplikasi bahan organik. Bahan organik yang dapat digunakan sebagai amelioran diantaranya adalah pupuk kandang ayam dan Azolla microphylla. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Azolla microphylla dan pupuk kandang ayam dan kombinasi terbaiknya terhadap ketersediaan unsur hara makro dan mikro serta hasil padi pada lahan pasir pantai. Penelitian dilakukan pada lahan pasir Pantai Samas Dusun Sogesanden, Desa Srigading, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, D.I.Yogyakarta. Penelitian merupakan percobaan lapangan dengan Rancangan Acak Kelompok Lengkap (RAKL) faktorial yang terdiri dari 2 faktor. Faktor I yaitu dosis Azolla segar yang terdiri dari 2 aras (0 dan 7,5 ton/ha). Faktor II adalah dosis pupuk kandang ayam (PKA) yang terdiri dari 3 aras (50, 100, 150 ton/ha). Masing – masing perlakuan dilakukan pengulangan 4 kali sehingga diperoleh 24 petak percobaan. Penelitian diawali dengan pengolahan tanah dan pembuatan petakan berukuran 2,5 x 2,5 m, dilanjutkan dengan penanaman, pemberian Azolla microphylla dan pupuk kandang ayam dengan dosis sesuai perlakuan. Perawatan meliputi penyiraman yang dilakukan setiap pagi dan sore hari serta penyiangan yang berupa pengendalian hama dan gulma penganggu. Panen padi dilaksanakan saat padi berumur 100 HST dengan cara dicabut hingga bagian akar. Parameter yang diamati meliputi kadar NO3-, NH4+, P-Tersedia, K-Tersedia, Fe, Mn, dan C-Organik, serta parameter tanaman meliputi volume akar, tinggi tanaman, jumlah gabah per malai, berat akar, jumlah anakan tanaman, dan produktivitas. Data yang diperoleh dianalisis statistik dengan menggunakan ANOVA (Analysis of Variance) taraf kepercayaan 95%. Apabila hasil ANOVA signifikan maka diuji lanjut dengan DMRT (5%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara aplikasi Azolla microphylla dan pupuk kandang ayam. Namun, aplikasi pupuk kandang ayam secara tunggal berpengaruh terhadap peningkatan kadar NO3-, P-Tersedia, K-Tersedia dalam tanah, sedangkan aplikasi Azolla microphylla secara tunggal berpengaruh terhadap peningkatan tinggi tanaman padi. Azolla 7,5 ton/ha dan PKA 150 ton/ha menunjukkan nilai tertinggi pada Nitrat (0,11 mg/L), P-Tersedia (6,74 ppm), dan C-Organik (0,27%). Pupuk kandang ayam 150 ton/ha dapat meningkatkan jumlah gabah per malai (89).

 

 

 

Kata kunci : Azolla microphylla, hara makro, hara mikro, pupuk kandang ayam, tanah pasir pantai 

×
Penulis Utama : Atika Sari Damayanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0218007
Tahun : 2024
Judul : Ketersediaan Hara Makro dan Mikro serta Hasil Padi pada Lahan Pasir Pantai dengan Aplikasi Azolla microphylla dan Pupuk Kandang Ayam
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Tanah
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kata kunci : Azolla microphylla, hara makro, hara mikro, pupuk kandang ayam, tanah pasir pantai
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : https://jurnal.uns.ac.id/agrihealth/author/submission/90857
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Ir. Jauhari Syamsiyah, M.S.
2. Ir. Aktavia Herawati, S.P., M.Sc.
Penguji : 1. Ganjar Herdiansyah, S.P., M.P.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.