Penulis Utama : Bintang Cahyo Wibowo
NIM / NIP : H0820022
×

Bintang Cahyo Wibowo. H0820022. 2024. “Analisis Preferensi Konsumen Dalam Keputusan Membeli Tisu Wajah (Produk Turunan Kayu) Di Solo Raya”. Dibimbing oleh Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P. dan Dr. Ir. Rhina Uchyani Fajarningsih, M.S. Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Konsumen adalah individu yang berupaya memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam hidupnya melalui proses pembelian barang atau jasa yang dibutuhkan. Salah satu kebutuhan bagi konsumen di zaman sekarang yaitu tisu wajah (facial tissue). Tisu adalah salah satu barang yang sangat berguna dan mudah ditemui di berbagai lokasi. Tisu mencakup empat jenis yakni tisu wajah, tisu toilet, tisu dapur, dan tisu serbet makan. Kehadiran produk praktis ini sangat esensial bagi masyarakat, sehingga telah menjadi bagian yang dianggap penting bagi kebutuhan sehari-hari. Salah satu industri tisu di Indonesia yaitu PT The Univenus adalah perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan pulp, kertas, dan tisu di Indonesia. PT The Univenus adalah salah satu anak perusahan Sinarmas Group yang didirikan oleh Eka Tjipta Widjaja pada tahun 1975. PT The Univenus memiliki berbagai merek tisu terkenal yaitu termasuk Paseo, Nice, Jolly, dan Toply. Industri pulp and paper dapat disusun dalam dua kategori utama, yakni pulp virgin dan pulp daur ulang. 

Fokus dalam penelitian ini adalah meneliti atribut harga, kualitas produk, citra merek, dan ukuran kemasan untuk mengetahui preferensi konsumen di Solo Raya dalam keputusan membeli tisu wajah.Metode dasar penelitian yaitu metode deskriptif pendekatan kuantitatif dengan teknik survei. Lokasi yang dipilih untuk penelitian adalah Solo Raya karena terdapat dinamika persaingan yang signifikan dalam industri tisu wajah saat ini. Sampel responden ditentukan dengan menggunakan pendekatan purposive sampling dan penentuan jumlah sampel dilakukan dengan quota sampling yang pada setiap daerah Solo Raya (Kota Surakarta, Karanganyar, Klaten, Boyolali, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen) diambil sebanyak 20 sampel sehingga diperoleh total sampel sebanyak 140 responden. Jenis dan sumber data yaitu data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data melalui wawancara, kuesioner, dan observasi. Metode analisis data menggunakan analisis uji validitas, uji realibilitas, dan analisis conjoint.

Hasil penelitian menunjukan bahwa atribut yang dianggap penting bagi konsumen di Solo Raya adalah ukuran kemasan dengan Importance Values sebesar 31,356 %. Atribut kedua yang dipertimbangkan konsumen yaitu harga dengan nilai Importance Values sebesar 24,589%. Atribut ketiga yang dipertimbangkan konsumen yaitu kualitas produk dengan nilai Importance Values sebesar 24,526 % dan Atribut terakhir yang dipertimbangkan yaitu citra merek dengan nilai Importance Values sebesar 19,529%. 

×
Penulis Utama : Bintang Cahyo Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : H0820022
Tahun : 2024
Judul : ANALISIS PREFERENSI KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN MEMBELI TISU WAJAH (PRODUK TURUNAN KAYU) DI SOLO RAYA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian - 2024
Program Studi : S-1 Agribisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Tisu Wajah, Preferensi Konsumen, Analisis Conjoint
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Ir. Sugiharti Mulya Handayani, M.P.
2. Dr. Ir. Rhina Uchyani Fajarningsih, M.S.
Penguji : 1. Dr. Mei Tri Sundari, S.P., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.