Penulis Utama : Fidela Syahda Iqtafa
NIM / NIP : V1621037
×

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:8.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:107%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US; mso-fareast-language:EN-US;} </style> <![endif]-->

Mempertahankan sebuah bisnis perusahaan memiliki beberapa tugas, salah satunya yaitu mampu membangun serta mempertahankan hubungan dengan para pelanggannya. Bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi relationship marketing yang memanfaatkan kemajuan teknologi di era digital, yakni e-commerce, oleh PT Ayo Menebar Kebaikan. Penelitian ini fokus pada bagaimana divisi e-commerce, khususnya bagian customer service dalam menerapkan strategi relationship marketing pada pelanggan e-commerce. Sehingga, tercipta loyalitas atau hubungan yang berkelanjutan antara pelanggan dengan perusahaan.

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Adapun, teknik pengumpulan data melalui kegiatan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Penelitian dilakukan di kantor PT Ayo Menebar Kebaikan (Jujura.Id) dengan objek penelitian, yakni divisi e-commerce.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Relationship Marketing Pada Pelanggan E-commerce PT Ayo Menebar Kebaikan (Jujura.Id) dilakukan oleh dua tim, yakni tim B2B dan B2C. Masing-masing tim memiliki fokus pelayanan pelanggan yang berbeda. Dalam memberikan pelayanan pada pelanggan e-commerce secara online, keduanya memanfaatkan WhatsApp Business serta fasilitas direct message pada marketplace maupun media sosial untuk menjalin hubungan sekaligus mewujudkan kepuasan pelanggan yang maksimal.

Untuk meningkatkan efektivitas, tim B2B disarankan mampu mengoptimalkan program Jujura Listening dan memperkuat interaksi di media social. Sementara untuk tim B2C, dapat mengadakan program loyalty berdasarkan interaksi pelanggan. Keduanya juga disarankan mengembangkan pelatihan berkelanjutan untuk customer service sehingga bagian tersebut dapat mengelola hubungan pelanggan dengan lebih baik.

×
Penulis Utama : Fidela Syahda Iqtafa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1621037
Tahun : 2024
Judul : Implementasi Relationship Marketing Pada Pelanggan E-commerce PT Ayo Menebar Kebaikan (Jujura.Id)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Manajemen Bisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Relationship Marketing, E-commerce, Layanan Pelanggan, Loyalitas Pelanggan, WhatsApp Business
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Myrtana Pusparisti, S.Kom., M.Cs.
Penguji : 1. Astrid Noviana Paradhita, S.Kom., M.Cs.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.