Penulis Utama : Tri Astuti
NIM / NIP : V0221058
×

ABSTRAK

Tri Astuti, V0221058, 2024, Optimalisasi Penerapan Sapta Pesona pada Objek Wisata Sentono Gentong Kabupaten Pacitan, Program Studi Diploma III Usaha Perjalanan Wisata, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sentono Gentong merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupatan Pacitan. Lokasinya yang berada di atas bukit menjadikan objek wisata Sentono Gentong memiliki panorama yang mempesona. Selain memiliki keindahan alam yang mempesona, Sentono Gentong tentu harus menerapkan unsur-unsur sadar wisata yaitu Sapta Pesona untuk mendukung terciptanya destinasi wisata yang lebih optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat optimalisasi penerapan Sapta Pesona serta upaya yang dilakukan pengelola untuk memaksimalkan Sapta Pesona yang ada di Sentono Gentong.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dimana teknik pengumpulan data dengan cara observasi atau pengamatan secara langsung, wawancara dengen pihak pengelola dan pihak-pihak terkait, dan dokumentasi. Setelah semua data terkumpul maka selanjutnya akan dilakukan analisis data yang sudah diperoleh dan dipaparkan dalam bentuk diagram fishbone dan narasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Sapta Pesona di Sentono Gentong dalam penerapannya belum optimal, perlu konsistensi dalam penerapan Sapta Pesona di Sentono Gentong baik dari pengelola, masyarakatsekitarserta wisatawan. Selain itu, terdapat beberapa upaya yang dilakukan pengelola dalam mendorong optimalisasi penerapan Sapta Pesona yang lebih maksimal dan optimal di Sentono Gentong. Upaya yang dilakukan tersebut tentunya diotimalkan kembali melalui pembaharuan struktur organisasi, meningkatkan kualitas infrastruktur, berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, Bank serta Lembaga yang bersangkutan, menyusun SOP kegiatan serta evaluasi program Sapta Pesona.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah objek wisata Sentono Gentong telah menerapkan Program Sapta Pesona yang terdiri dari tujuh unsur, yaitu aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan. Namun, penerapan sapta pesona di Sentono Gentong dinilai belum optimal, masih terdapat beberapa aspek yang perlu ditingkatkan agar lebih maksimal. Disamping itu, pengelola telah melakukan beberapa upaya optimalisasi untuk mendukung terciptanya Sapta Pesona yang lebih optimal.

Kata Kunci: Objek wisata, Optimalisasi, Penerapan, Sapta Pesona, Sentono 

Gentong

×
Penulis Utama : Tri Astuti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V0221058
Tahun : 2024
Judul : OPTIMALISASI PENERAPAN SAPTA PESONA PADA OBJEK WISATA SENTONO GENTONG KABUPATAN PACITAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Objek Wisata; Optimalisasi; Penerapan; Sapta Pesona
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Nanang Wijayanto S.S.T., M.M.Par
Penguji : 1. Dr. Marimin, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.