Penulis Utama : Tria Vendica
NIM / NIP : K3117073
×

Tria Vendica K3117073. HUBUNGAN ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 BANYUDONO. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2024.

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) tingkat kepercayaan diri siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banyudono; (2) tingkat kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banyudono; (3) hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banyudono. Konsep hubungan kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal yaitu kepercayaan diri dapat memberikan peran penting dalam terlaksananya komunikasi interpersonal yang efektif. Siswa dengan kemampuan komunikasi interpersonal yang baik sudah pasti memiliki kepercayaan diri yang baik.

Penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi dalam penelitian ini sejumlah 322 siswa. Jumlah sampel sebanyak 178 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan skala psikologi kepercayaan diri dan komunikasi interpersonal yang dikembangkan oleh peneliti sendiri.  Uji validitas dengan uji validitas konstruk menggunakan rumus Aiken’s V, uji validitas isi menggunakan rumus pearson correlations, dan uji reliabilitas menggunakan rumus Cronbach Alpha dengan aplikasi SPSS 26.  Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif  dan uji hipotesis dengan uji korelasi sederhana.

Hasil analisis deskriptif menunjukkan tingkat kepercayaan diri dan tingkat komunikasi interpersonal siswa mayoritas dalam kategori sedang. Hasil uji hopotesis menunjukkan terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan kemampuan komunikasi interpersonal siswa kelas X di SMA Negeri 1 Banyudono dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan nilai korelasi sebesar 0,589. Saran peneliti  untuk guru BK adalah hasil penelitian ini agar dijadikan acuan untuk membuat program layanan BK untuk meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal siswa di sekolah. Saran untuk peneliti selanjutnya agar dilakukan penelitian lanjutan dengan menggunakan penelitian eksperiman untuk dapat memberikan treatment agar siswa memiliki kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi interpersonal yang tinggi.

×
Penulis Utama : Tria Vendica
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3117073
Tahun : 2024
Judul : Hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Banyudono
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2024
Program Studi : S-1 Pendidikan Bimbingan Konseling
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Komunikasi Interpersonal, Siswa SMA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Naharus Surur, M.Pd.
2. Dr. Ribut Purwaningrum, M.Pd.
Penguji : 1. Prof. Dr. Asrowi, M.Pd.
2. Citra Tectona Suryawati, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.