Penulis Utama : Nuraulia Adilahanif
NIM / NIP : B0519046
×

<!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false EN-US X-NONE AR-SA </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;} </style> <![endif]-->

Latar belakang dari penelitian ini antara lain mengidentifikasi persamaan dan perbedaan fakta cerita dalam drama Audah Al-Firdaus dan film Soekarno. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis keterpengaruhan Ali Ahmad Bakatsir terhadap kemerdekaan Republik Indonesia. Teori yang dimanfaatkan untuk mencapai tujuan penelitian tersebut adalah teori sastra bandingan dengan metode analisis bandingan Perancis. Yaitu dengan cara membandingkan unsur instrinsik fakta cerita dan unsur kesejarahannya.

Hasil dari penelitian ini, terkait fakta cerita yang dibandingkan berupa alur, karakter, dan latar yang terdapat pada kedua objek penelitian. Alur dalam drama ‘Audah al-firdaus memiliki alur maju, yang mana fokus utama dari alurnya adalah perjuangan bangsa Indonesia dalam memperjuangkan kemerdekaannya dari penjajah. Di sisi lain, alur dalam film Soekarno memiliki alur campuran, yang fokus utama dari alurnya adalah perjuangan seorang Soekarno sebagai tokoh perjuangan kemerdekaan Indonesia. Karakter yang terdapat drama Audah al-firdaus adalah Sulaiman, Majid, Izzudien, dan Syahrir. Sedangkan karakter yang terdapat pada film Soekarno adalah Soekarno, Hatta, Syahrir, Inggit, dan Fatmawati. Kedua objek penelitian memiliki persamaan dari segi pandangan karakternya dan memiliki perbedaan dari segi penamaan karakternya. Latar dalam drama Audah al-firdaus dan film Soekarno memliliki kesamaan dari segi dimensi waktunya, namun memiliki perbedaan dari segi dimensi tempatnya. Selain itu, dalam hal keterpengaruhan Ali Achmad Bakatsir terhadap peristiwa kemerdekaan Republik Indonesia, dapat disimpulkan bahwa masa kecil Ali Achmad Bakatsir di Indonesia memberikan pengaruh secara psikologis terhadap pandangannya terhadap kemerdekaan Indonesia di masa mendatang (ketika Bakatsir dewasa). Pada fase selanjutnya, Ali Achmad Bakatsir tetap memberikan perhatian kepada kemerdekaan Indonesia meskipun dirinya sudah meninggalkan Indonesia. Perhatian tersebut diberikan melalui karya-karya sastra.

×
Penulis Utama : Nuraulia Adilahanif
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0519046
Tahun : 2024
Judul : KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA DALAM DRAMA ‘AUDAH AL-FIRDAUS DAN FILM SOEKARNO (KAJIAN SASTRA BANDINGAN)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2024
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Ali Achmad Bakatsir, ‘Audah al-firdaus, Soekarno, Sastra Bandingan.
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Eva Farhah, S.S., M.A., Ph.D.
2. Dr. Reza Sukma Nugraha, S.Hum., M.Hum.
Penguji : 1. Abdul Malik, S.S., M.Hum.
2. Dr. Suryo Ediyono. M.Hum.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.