Penulis Utama : Iip Suryo Hadi Nugroho
NIM / NIP : V1121069
×

Iip Suryo Hadi Nugroho, V1121069. PERAN CAMERAMAN DAN EDITOR DALAM PRODUKSI IKLAN KOMERSIAL PEMANDIAN ALAM UMBUL KEMANTEN KLATEN JAWA TENGAH. Tugas Akhir. Program Studi Komunikasi Terapan, Sekolah Vokasi, Universitas Sebelas Maret, 2024.

Setiap tempat wisata pada zaman sekarang memerlukan promosi yang didasarkan pada visi dan misi yang telah dibangun. Dengan adanya perancangan strategi promosi bertujuan membantu untuk mengenalkan produk kepada pelanggan dan juga menjadi strategi dalam bersaing dengan kompetitor. Salah satu upaya promosi yang dilakukan adalah membangun sebuah brand recognition dengan mengimplementasikannya dalam beberapa media promosi seperti, iklan audio, iklan visual, dan iklan audiovisual. Konten yang diimplementasikan dari iklan audio adalah radio, sedangkan dari iklan visual melalui desain banner building, dan iklan audiovisual adalah TVC.

Tugas Akhir ini memuat penjelasan peran cameraman dan editor dalam produksi iklan komersial pemandian alam Umbul Kemanten dengan judul “Umbul Kemanten Refreshed”. Dalam pembuatan beberapa bentuk iklan tersebut tentu melibatkan berbagai pihak seperti director, copywriter, art director, cameraman dan editor. Dalam Tugas Akhir ini, penulis mengkaji mengenai peran cameraman dan editor dalam melakukan proses produksi shoting serta editing video dan audio berupa radio yang akan dimuat di platform tertentu.

Cameraman memiliki peran yang penting dalam pembuatan iklan komersial ini karena seorang cameraman  harus mampu merealisasikan sebuah gambaran kasar menjadi sebuah visual yang nantinya akan dilanjutkan editor pada proses editing. Video editor sendiri bertanggung jawab dalam kegiatan logging video, menata timeline, merangkai dan membuat potongan kasar, membuat potongan halus, dan menentukan final cut dari materi video yang sudah direkam sehingga menjadi satu kesatuan video utuh yang siap untuk dimuat. Materi video yang dimaksud, yaitu berupa footage, audio eksternal, sound effect, dan motion graphics. Sedangkan, untuk editing audio, seperti mengetahui sample type audio, menyeleksi data dan meng-copy audio, memindahkan data audio, membuang data audio yang tidak terpakai, membuat silence, dan juga menambahkan efek yang diperlukan pada audio. Editor juga membuat sebuah poster promosi untuk Umbul Kemanten. Posisi cameraman dan editor ini merupakan kunci dalam proses produksi dan pascaproduksi yang akan menentukan baik atau buruknya kualitas dari hasil iklan yang akan ditampilkan.

×
Penulis Utama : Iip Suryo Hadi Nugroho
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1121069
Tahun : 2024
Judul : Peran Cameraman dan Editor Dalam Produksi Iklan Komersial Pemandian Alam Umbul Kemanten Klaten Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Komunikasi Terapan
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : iklan, cameraman, editor
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si.
Penguji : 1. Adimas Maditra Permana, S.I.Kom., M.I.Kom
2. Dr. Joko Suranto, S.Sn., M.Hum
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.