Penulis Utama : Ni Ajeng Ayu Kusumawardhani
NIM / NIP : V1621067
×

Meningkatnya jumlah UMKM di Indonesia menyebabkan persaingan bisnis di Indonesia juga meningkat. Peningkatan ini dinyatakan dalam siaran pers KPPU 2024 yang menjelaskan data Indeks Persaingan Usaha (IPU) Indonesia tahun 2023 meningkat 0,04% dengan angka 4,97 dari tahun 2023 dengan angka 4,87. Bloomery Patisserie dalam menghadapi fenomena ini menerapkan strategi pemasaran experiental marketing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan, Bloomery Patisserie menciptakan kepuasan pelanggan, dan cara Bloomery Patisserie dapat menciptakan kepuasan pelanggan di masa yang akan datang.

Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif. Objek penelitian adalah strategi pemasaran yang dilakukan oleh Bloomery Patisserie (cabang Keprabon dan Sumber). Jenis dan sumber data yang dihasilkan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, kuesioner, dan studi pustaka untuk mengetahui experiental marketing dan kepuasan pelanggan. Metode pembahasan yang digunakan adalah teknik penelitian kuantitatif eksplanatif.

Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan Bloomery Patisserie cabang Surakarta. Untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan Bloomery Patisserie memiliki The Bloomery Principle (Quality Oriented, People forward, dan Always positive) dan Values Bloomery Patisserie (PIQA). Di masa yang akan datang Bloomery Patisserie dapat meningkatkan kepuasan pelanggan salah satunya melalui pendekatan mendengar kritik dan saran dari customer yang mengharapkan beberapa peningkatan pada aspek produk, fasilitas dan outlet, sistem pembayaran, desain packaging, dan pemasaran produk.

Mengingat pentingnya kepuasan pelanggan bagi keberlanjutan suatu perusahaan diharapkan Bloomery Patisserie dapat melakukan penelitian yang serupa pada outlet cabang lainnya untuk menunjang peningkatan pada aspek aspek tertentu sehingga dapat menemukan kesimpulan mengenai pengaruh experiental marketing terhadap kepuasan pelanggan dan mendapat masukan seperti kritik dan saran dari customer secara universal.

×
Penulis Utama : Ni Ajeng Ayu Kusumawardhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : V1621067
Tahun : 2024
Judul : Pengaruh Experiental Marketing terhadap Kepuasann Pelanggan Bloomery Patisserie (Studi Kasus: Bloomery Patisserie Cabang Sumber dan Keprabon Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Sekolah Vokasi - 2024
Program Studi : D-3 Manajemen Bisnis
Kolasi :
Sumber :
Kata Kunci : Experiental Marketing, Kepuasan Pelanggan, Bloomery Patisserie.
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yohanes Wien Tineka, S.E., M.Sc.
Penguji : 1. Yeni Fajariyanti, S.E., M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Vokasi
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.