Penulis Utama : Septi Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Persepsi etis akuntan pendidik mahasiswa akuntansi dan manajer terhada praktik earning management (survei di Wilayah Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F030069-2003
Subyek : AKUNTANSI-STUDI DAN PENGAJARAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk menguji persepsi etis akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi, dan manajer terhadap praktik earnings management. Praktik earnings management menimbulkan isu etika penting, namun baru sedikit penelitian yang menggali topik ini. Untuk menilai persepsi etis terhadap praktik earnings management, peneliti menggunakan kuesioner yang dikembangkan oleh Bruns dan Merchant (1990) yang terdiri dari 13 tindakan earnings management yang masih diragukan keetisannya.

Responden yang digunakan dalam penelitian ini adalah responden akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi, dan manajer. Populasi diambil dari akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi, dan manajer yang bekerja dan belajar di wilayah Surakarta.

Teknik pengujian yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah T-test for Paired Sample, Wilcoxon’s Signed Rank Test, Independent Sample T-test, Uji Mann-Whitney, Uji ANOVA, dan Kruskal Wallis Test. Uji validitas menggunakan teknik korelasi Pearson’s Correlation Product Moment, dan uji reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Pengujian asumsi normalitas data menggunakan One Sample Kolmogorov Smirnov serta pengujian asumsi homogenitas antar varian menggunakan Levene’s Test forEquality of Variance .

Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa persepsi etis akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi, dan manajer terhadap praktik earnings management dipengaruhi oleh tipe earnings management, kesesuaian dengan GAAP/PABU, arah earnings management, materialitas, serta tujuan earnings management, sedang periode waktu akibat earnings management tidak berpengaruh.

Selain itu tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara akuntan pendidik, mahasiswa akuntansi, dan manajer untuk karakteristik earnings management berdasarkan tipe earnings management dengan metode operasional, kesesuaian dengan GAAP/PABU yang inkonsisten, arah earnings management untuk menurunkan laba, materialitas, serta periode waktu akibat earnings management. Sedang untuk karakteristik earnings management berdasarkan tipe earnings management dengan metode akuntansi, kesesuaian dengan GAAP/PABU yang konsisten, arah earnings management untuk menaikkan laba, serta tujuan earnings management terdapat perbedaan persepsi etis antar responden. Akuntan pendidik memiliki pertimbangan etis yang lebih baik terhadap praktik earnings management dibandingkan mahasiswa akuntansi dan manajer.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis