Penulis Utama : Annisa Wulandari
NIM / NIP : D0220018
×

Annisa Wulandari. D0220018. 2024. Hubungan Motivasi Penggunaan Media Sosial Terhadap Ketergantungan Pengikut (Studi Kuantitatif Hubungan Motivasi Informasi, Motivasi Hiburan, Motivasi Interaksi Sosial, dan Motivasi Integrasi Sosial terhadap Ketergantungan Media Sosial Pengikut Akun Twitter @f1speed_indo. Skripsi. Program Studi Ilmu Komunikasi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Universitas Sebelas Maret, Surakarta.

ABSTRAK
Di era informasi yang berkembang pesat dan cepat, media massa telah menjelma menjadi kekuatan dominan yang memainkan peran sentral. Melalui perkembangan teknologi kontemporer, media menawarkan kemudahan akses informasi, hiburan, dan interaksi dalam satu klik saja, memungkinkan banyak pengguna untuk mendapatkan pengalaman dengan media yang berbeda secara simultan (Markman, 1997).
Kemudahan media dalam menyediakan informasi bagi penggunanya, salah satunya dibahas dalam teori ketergantungan media yang dikembangkan oleh Ball- Rokeach dan Melvin DeFleur. Asumsi dasar dari teori ini mendeskripsikan kemampuan media untuk semakin menyediakan fungsi sosial yang dibutuhkan khalayak berhubungan dengan semakin tinggi ketergantungan media, yang mana fungsi sosial tersebut berkaitan dengan media yang digunakan, interaksi antar pengguna, kebutuhan, dan motivasi penggunaan media. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara motivasi informasi, motivasi hiburan, serta motivasi integrasi dan interaksi sosial dengan ketergantungan media di kalangan pengikut akun Twitter @f1speed_indo dengan menggunakan Teori Ketergantungan Media.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksplanatif guna menjelaskan hubungan suatu variabel dengan variabel yang lain dengan pengujian hipotesis. Teknik pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 orang responden yang dipilih melalui purposive sampling. Kuesioner dibagikan secara daring melalui google form pada Juni 2024. Analisis data menggunakan uji korelasional yang termasuk dalam statistik parametrik.
Berdasarkan analisis korelasi Pearson Product Moment dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara masing-masing variabel motivasi informasi, variabel motivasi hiburan, variabel interaksi sosial, dan variabel integrasi sosial terhadap ketergantungan media di kalangan pengikut akun Twitter @f1speed_indo. Motivasi informasi memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,676, motivasi hiburan 0,602, motivasi interaksi sosial 0,779, dan motivasi integrasi sosial 0,638. Selanjutnya, hasil analisis korelasi berganda menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara ketiga variabel independen simultan dengan variabel ketergantungan media, nilai koefisien korelasi sebesar 0,832. Dengan demikian, seluruh hipotesis Ha diterima dan H0 ditolak.

Kata Kunci: @f1speed_indo, Motivasi Informasi, Motivasi Hiburan, Motivasi Integrasi dan Interaksi Sosial, Ketergantungan Media

×
Penulis Utama : Annisa Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0220018
Tahun : 2024
Judul : Hubungan Motivasi Penggunaan Media Sosial Terhadap Ketergantungan Pengikut (Studi Kuantitatif Hubungan Motivasi Informasi, Motivasi Hiburan, dan Motivasi Interaksi Sosial, dan Motivasi Integrasi Sosial terhadap Ketergantungan Media Sosial Pengikut Akun Twitter @f1speed_indo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2024
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-D0220018
Kata Kunci : @f1speed_indo, Motivasi Informasi, Motivasi Hiburan, Motivasi Integrasi dan Interaksi Sosial, Ketergantungan Media
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Aulia Suminar Ayu, S.I.Kom., M.I.Kom
Penguji : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya, S.Sos., M.Si.
2. Andrine Prima Afneta Arzil, S.I.Kom., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
Halaman Awal : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Halaman Cover : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB I : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB II : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB III : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB IV : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB V : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB Tambahan : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Daftar Pustaka : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Lampiran : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.